5 Cara Mudah Menghafal

0 84

tangan menulisBanyaknya mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menjadikan setiap siswa harus menghafalnya agar mampu mengikuti serangkaian kegiatan yang disiapkan sekolah tersebut. Hal tersebut menjadi sulit bagi sebagian orang.

Apalagi hari senin mendatang siswa-siswi dari tingkat SD hingga SMA akan menghadapi Ujian Akhir Semester. Persiapan jauh-jauh hari harus dilakukan agar mendapat hasil yang diinginkan. Nah, berikut ini ada cara yang menarik untuk mudah menghafal.

1. Membaca
Tidak ada orang pintar yang tidak membaca. Biarpun kamu manusia yang memiliki IQ otak lebih dari 200, kamu tidak akan berhasil bila kamu tidak membaca sedikitpun. Membaca secara berulang akan membuat otak kita menyerap informasi lebih cepat.

2. Menulis Ulang
Setelah kita membaca sebuah materi, kita bisa emnulis ulang isi dari materi tersebut di selembar kertas atau buku tanpa melihat materi yang telah kita baca. Setelah itu, cocokkan dengan isi materi yang sesungguhnya. Bila masih terdapat hal yang melencen (tidak sesuai dengan isi materi) atau terdapat hal yang kita tulis, maka kita bisa mengulanginya beberapa kali sampai dirasa seluruh isi materi telah tertuang dalam tulisan kita tersebut.

3. Menggambar
Cara ini tergolong agak unik memang. Akan tetapi dengan mengaplikasikan sebuah materi dalam bentuk gambar bisa menjadi sebuah cara cepat menghafal materi. Tentu saja gambar yang dibuat harus berhubungan dengan materi yangs sedang kita pelajari. Untuk beberapa materi tertentu, kamu bisa menggambar aneka simbol yang menurut kita lebih mudah untuk dihafalkan.

4. Menghafal dengan Partner
Ini bisa kita lakukan bila kita memiliki partner yang bisa membantu kita dalam memnghafal. Partner tersebut bisa dari keluarga, teman, dll. Mintalah mereka untuk memegang materi yang sedang kamu hafalkan, kemudian kita mengucapkan materi yang sedang kamu hafal sambil mereka menyimak dengan cara membaca materi yang kita hafalkan. Mereka bisa membetulkan / mengkoreksi bila ternyata kita ada kesalahan dalam mengucapkan materi tersebut.

5. Buat Rangkuman
Ada kalanya tidak semua materi harus kita hafalkan melainkan hanya sebagian atau inti dari sebuah materi tersebut. Oleh sebab itu, membuat rangkuman / summary dari sebuah materi bisa membantu kita menghafal materi tersebut dengan cepat. Caranya adalah dengan menulis inti dari sebuah materi kemudian kita mengembangkannya sendiri.[ip/ok]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline