Anak Kost? Atur Uang Sendiri

0 55

 

muslimah jalanSudah lumrah jika seorang anak kost pastinya harus mengatur keuangannya sendiri. Syukur-syukur sih sudah bisa menghasilkan uang sendiri dengan bekerja sambilan. Maklum, anak kost identik dengan mahasiswa. Nah, perlu siasat khusus tentunya untuk mengatur keuangan kita.

1. SKALA PRIORITAS

Mengatur keuangan pada prinsipnya adalah skala prioritas, jadi dahulukan yang utama. Hal hal yang utama yang perlu dibayarkan ketika kita mendapatkan uang antara lain, bayar SPP, bayar kost, service, kalau kita punya kendaraan, dan terakhir bayar utang.

2.JANGAN AMBIL UANG SEKALIGUS

Langkah selanjutnya setelah kita memperkirakan kebutuhan satu bulan, jangan langsung di ambil semua duit yang ada di bank.Jadinya, mau ga mau duit yang ada di tangan harus di irit irit.

3.JATAH UANG PER HARI

Lalu langkah selanjutnya dari tips mengatur keuangan anak kost adalah kita jatah uang kita perhari. selama sehari untuk makan dan jajan kita mengeluarkan duit 15.000, jadi harus disiplin bahwa sehari harus 15.000, sukur sukur bisa kurang.

4.MENCERMATI HARGA SAAT BELANJA KEBUTUHAN

Dengan membedakan harga antara toko yang satu dengan yang lain seperti: membeli peralatan mandi(sabun,pasta gigi,shampo,atau pun lulur bagi yang wanita).dan tidak lupa membedakan harga makanan ditoko-toko: mie instan,snack dsb.

5.SISIHKAN UANG SETIAP KIRIMAN UNTUK BIAYA TAK TERDUGA

Menyisihkan keuangan minimal 20.000 setiap kiriman selama 1 bulan, keuangan ini berguna untuk biaya tidak terduga seperti saat sakit, kita tidak tau kapan terjadi sakit. maka dari itu uang ini sangat berguna untuk keadaan seperti ini.

6. IRIT PULSA

Gunaklan penyedia operator yang murah dan hemat, tidak menguras kantong sehingga tetap nyaman dipakai toh hanya buat smsan,telp, ortu juga pasti nelp bukan kita yang nelpon, hehehe dan juga jangan sering-sering paketan BBM(jaman sekarang).

7.KURANGI JALAN

Diam di kos dan pergi jika itu mendesak dan butuh. Itu akan menghemat pengeluaran seperti membeli bensin atau naik angkutan umum. [punya5]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline