Jendela Keluarga Berkualitas

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan?

0 84

Menikah bukanlah sesuatu yang dibuat untuk main-main. Sebuah pernikahan adalah hal yang sakral dan harus ada kedua belah pihak yang dengan ikhlas serta kerelaan hati untuk seutuhnya menjadi milik pasangannya tersebut. Untuk bisa mematangkan sebuah acara pernikahan, haruslah disiapkan jauh-jauh hari sebelum hari H terlaksana. Kadang ada sebagian orang yang tidak menyiapkan pernikahan jauh-jauh hari dan mulai menyiapkannya dalam waktu yang cukup dekat. Sebenarnya tidak masalah menyiapkan pesta pernikahan mendekati hari-H, asal kedua belah pihak mempelai bisa bergerak cepat untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Siapa saja pasti menginginkan sebuah perayaan pernikahan yang meriah. Untuk bisa merayakan pesta pernikahan yang meriah, menyiapkan segalanya dengan matang adalah hal yang wajib. Entah itu dari kedua belah mempelai ataupun mengikutsertakan keluarga dari kedua belah pihak mempelai. Untuk itu, berikut hal-hal yang harus Anda siapkan menjelang hari pernikahan:

  1. Mematangkan Acara Pernikahan

pernikahan,  ,Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan?
Acara pernikahan (source: ourweddingideas )

Biasanya jika orang yang sudah memutuskan untuk bertunangan, pada acara pertunangan tersebut akan diumumkan pula rencana hari pernikahannya. Nah, pada minggu pertama di bulan pertama sebaiknya diusahakan pula keluarga dari kedua calon mempelai menentukan dan mematangkan hari pernikahannya. Ada banyak cara untuk menentukan hari pernikahan. Apabila menganut tradisi Jawa maka biasanya menghitung pasaran hari lahir kedua mempelai. Setelah mendapatkan tanggal yang bagus dan pas dalam menentukan hari pernikahan, bisa langsung untuk membahas dekorasi atau vendor pernikahan Anda dengan dia.

  1. Siapkanlah Administrasi Pernikahan

pernikahan,  ,Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan?
Buku Nikah (source: harylotwedding)

Pernikahan yang sah dan diakui oleh negara adalah pernikahan yang tercatat oleh negara. Maka dari itu sebelum acara pernikahannya berlangsung, kedua belah pihak calon mempelai harus melengkapi beberapa administrasi atau surat-surat sebagai syarat pernikahan untuk bisa terdaftar pernikahannya di negara. Bila tidak terdaftar, bisa jadi berakibat fatal dan pernikahan Anda dengan dia bisa terancam batal hanya karena administrasi yang kurang lengkap.

  1. Pilihlah Lokasi Pernikahan

pernikahan,  ,Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan?
Resepsi Pernikahan Pinggir Pantai (source: nterclodesigns)

Untuk bisa merayakan pesta pernikahan yang meriah, pasti gedung pernikahan haruslah disewa jauh-jauh hari karena harus berebut dengan yang lain. Pilihlah lokasi pernikahan yang strategis agar tamu undangan Anda mudah untuk menemukan lokasi pernikahan Anda.

  1. Memilih Desain Undangan dan Siapa saja yang akan Diundang

pernikahan,  ,Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan?
Desain Undangan Pernikahan Unik (source: ayey)

Hal yang paling sangat dipikir dalam melakukan pesta pernikahan mungkin memilih desain undangan dan orang-orang yang akan diundang ke pesta pernikahan Anda. Dalam memilih desain undangan, lebih baik Anda dan dia sama-sama sepakat, agar nanti tidak berselisih. Dan untuk orang-orang yang diundang, bisa melihat album kelulusan sekolah dan juga mendengarkan saran dari keluarga, saudara ataupun sahabat.

  1. Memastikan Baju Pengantin

pernikahan,  ,Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Pernikahan?
Wedding Dress Muslim Pink (Source: dh gate)

Setelah menyiapkan undangan, kini giliran Anda untuk fitting baju pengantin yang akan Anda kenakan nanti. Jangan sampai baju pengantin Anda terlihat tidak bagus pada saat hari H tersebut.

 

Sekian dari tim Rumah Keluarga Indonesia mengenai persiapan untuk pernikahan. Semoga semua acara pernikahan Anda berjalan lancar tanpa Hambatan menjadi keluarga sakinah mawadah warrahmah. oh ya satu lagi mungkin yang perlu dipersiapkan dalam pernikahan ada yang terlewat namun ini terpenting. Hal tersebut ialah PASANGAN ingat kalau nikah itu berpasangan ya bukan sendiri itu namanya datang ke Undangan hehehe keep smile pembaca 🙂

 

(Visited 164 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan