Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

0 6

Kita pasti mendapatkan daging kurban setiap Hari Raya Idul Adha. Di Indonesia umumnya daging kurban terdiri dari dua jenis yaitu daging kambing dan daging sapi. Dari kedua jenis tersebut, kambing merupakan daging yang paling banyak diincar. Hal ini dikarenakan daging ini memiliki aroma khas yang berasal feromon yang terkandung di dalam tubuh kambing. Bau tersebut terasa sangat kuat jika daging ini berasal dari kambing jantan. Sayangnya, bau prengus yang menyengat membuat daging membutuhkan penanganan khusus agar tidak berbau saat diolah.

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk menghilangkan bau prengus pada daging yang akan diolah menjadi masakan.

  1. Rebus Langsung

Saat mengolah daging biasanya dimulai dengan mencuci daging sampai bersih baru merebusnya. Hal itu tidak berlaku pada daging kambing. Daging ini harus direbus secara langsung. Jika tidak langsung direbus, maka baunya akan semakin menyengat dan teksturnya menjadi keras. Setelah direbus, daging dicuci sampai bersih untuk menghilangkan bau prengusnya.

  1. Rebus dengan Rempah-rempah

Daging yang sudah direbus dan dicuci bersih tidak bisa diolah langsung. Daging harus direbus sekali lagi sampai baunya benar-benar hilang. Pada perebusan yang kedua, daging harus direbus dengan rempah-rempah yang terdiri dari daun kemangi, daun kemangi, jahe, dan serai.

  1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Alternatif lain untuk menghilangkan bau prengus pada daging ini adalah dengan membungkusnya dengan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang menyamarkan bau tidak sedap. Selain itu, daun pepaya berfungsi untuk melunakkan tekstur daging yang alot.

  1. Baluri Parutan Nanas

Cara lain yang bisa dipraktekkan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing adalah menggunakan nanas. Caranya adalah dengan memarut nanas dan melumurinya pada permukaan daging. Getah nanas terbukti ampuh untuk menghilangkan aroma prengus daging dan membantu melunakkan daging sehingga lebih cepat matang.

  1. Tetesi Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis memiliki manfaat untuk menghilangkan bau prengus dan lendir yang menempel pada daging.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Tinggalkan Balasan