Ini Dia Keutamaan Penghafal Quran

0 491

woman-reading-quranMenghafal al-Quran merupakan suatu perbuatan yang berstatus hukumnya fardhu kifayah, artinya jika ada orang yang melakukannya gugurlah kewajiban yang lain. Maka, kita patut bersyukur jikalau masih ada orang yang mau untuk menghafal al-Quran. Dan, alhamdulillah, di masa sekarang ini, masih banyak orang yang mau untuk menghafal al-Quran.

Ternyata, apa yang diperintahkan Allah kepada hamba-Nya untuk menghafal al-Quran tidaklah cuma-cuma. Ada keutamaan-keutamaan khusus yang dapat kita peroleh dengan cara menghafal al-Quran. Apa sajakah itu?

1. Akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT

Umar bin Khattab RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (al-Qur`an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain,” (HR. Muslim).

Hafal al-Quran menjadi sumber keselamatan dunia dan akhirat. Hadits Nabi menjelaskan:

عن أبي الدرداء رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : (( مَنْ حَفَظَ عَشْرَ آَيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الكَهْفِ عُصِمَ مِنْ الدَّجَّالِ )) . في رواية : ((من آخر سورة الكهف)

Dari Abu Darda RA sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang hafal 10 ayat awal dari surat Al-Kahfi niscaya dia akan dijaga dari fitnah Dajjal.” Dalam riwayat lain 10 akhir surat Al-Kahfi.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline