Ini Dia Manfaat Menabung

1 386

tabungan

Menabung itu memiliki banyak manfaat. Memang tidak akan langsung terasa. Tapi, manfaat itu akan terasa di masa yang akan datang. Berikut beberapa manfaat yang dapat kita peroleh apabila kita menabung.

1. Lebih hemat

Dengan belajar menabung kita belajar juga untuk menjadi orang yang lebih hemat. Karena dengan menabung kita tentu harus menyisihkan uang kita sehingga uang yang digunakan untuk jajan, makan dan lain-lain sedikit berkurang. Dan tentunya sisa uangnya kita tabung untuk masa yang akan datang.

2. Ketersediaan uang disaat mendesak

Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, salah satunya ketika jatuh sakit. Saat sakit tentu saja kita membutuhkan pengobatan, uang tabungan ini bisa dipergunakan untuk mengantisipasi keadaan mendadak yang bisa saja datang tiba-tiba.

3. Menghindarkan dari hutang

Hutang yang sangat berbahaya dapat kita hindarkan dengan menabung. Dengan menabung disaat kita butuh uang untuk keperluan yang penting kita tidak usah menghutang. Dengan menghutang kita juga akan dikenakan bunga dan tentunya dirugikan oleh bunga tersebut. Sebaiknya kita menggunakan uang tabungan jika benar-benar mendesak.

4. Belajar mengatur keuangan

Dengan menabung tentu kita harus bisa mengatur keuangan kita. Menabung kalau tidak disertai menejemen keuangan yang baik tentu tidak akan berjalan dengan baik. Kalau saja kita belajar menabung tentu kita juga belajar bagaimana mengatur keuangan kita yang sangat berguna untuk kehidupan kelak.

5. Melatih hidup sederhana

Tentunya dengan belajar menabung kita tidak akan boros. Karena uang yang digunakan untuk hal yang tidak penting akan kita tabung. Dengan menabung kita belajar bagaimana hidup sederhana dengan cara membeli barang-barang yang kita butuhkan saja bukan malah menghamburkan uang dengan percuma.

6. Belajar sabar

Menabung tentu punya tujuan. Jika kita sudah punya tujuan tentu akan lebih bersemangat menabung. Tapi tentunya butuh waktu yang cukup lama untuk sampai ke sana. Oleh karena itu, belajar menabung sama saja dengan belajar sabar. Kita juga akan mengerti apa makna dari “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.” [Sumber: IP/tommysyatriadi/manfaat/marimenabung]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline