Ini Dia Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

0

pembalut menstruasiSebulan sekali wanita pasti mengalami menstruasi. Hal ini sangatlah wajar dialami oleh kaum wanita. Tapi, terkadang masalah-masalah menstruasi itu sendiri selalu saja ada. Dari banyaknya masalah menstruasi, yang paling dikhawatirkan adalah ketika menstruasi itu tidak teratur. Apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur?

Sedikitnya ada 5 penyebab menstruasi yang tidak teratur.

1. Kehamilan

Alasan paling umum dari siklus menstruasi tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi yaitu berhubungan dengan kehamilan. Jika siklus menstruasi terlewati, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Kadang-kadang kehamilan juga bisa terjadi pada pasien perimenopause.

2. Kontrasepsi hormonal

Kontrasepsi bisa mengakibatkan siklus menstruasi tidak teratur. Penggunaan pil KB, suntik KB, maupun KB hormonal yang lain juga dapat menyebabkan perdarahan hanya sedikit atau bahkan mengakibatkan perdarahan erat. Pemberian suntikan untuk kontrasepsi pasca melahirkan juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.

3. Menopause

Siklus haid yang tidak teratur juga bisa terjadi pada usia premenopause atau masa dimana usia mendekati menopause. Beberapa perubahan dalam siklus ini biasanya dapat diterima dan tidak memerlukan pengobatan. Sementara perdarahan yang berat memerlukan evaluasi lebih lanjut. Perdarahan setelah mencapai menopause adalah suatu yang tidak normal dan harus diselidiki.

4. Berat badan

Berat badan terlalu gemuk maupun terlalu kurus berpengaruh signifikan terhadap siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan dapat menunjukkan gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia nervosa. Berat badan yang kurang juga bisa menyebabkan gangguan menstruasi, karena pada wanita dengan berat badan yang kurang, lemak yang dibutuhkan untuk pembentukan hormon menstruasi juga berkurang.

5. Stress dan aktifitas berlebihan

Stress emosional mengakibatkan siklus menstruasi tidak teratur. Stress bisa diakibatkan banyak faktor, masalah pekerjaan maupun masalah rumah tangga. Aktivitas yang berlebih (terlalu capek) juga bisa menyebabkan gangguan kelenjar hipotalamus, yang nantinya juga mempengaruhi hormon menstruasi , yaitu mempengaruhi pelepasan LS dan FSH, yaitu hormon hipofisis yang memicu ovulasi, bagi Anda yang bermasalah dengan siklus menstruasi tidak teratur.

Bagi Anda yang mengalami menstruasi tidak teratur dan mengalami gejala seperti yang dikatakan diatas, sebaiknya lakukan konsultasi kepada dokter ahli untuk mengatasi hal semacam ini. Atau Anda juga bisa mengonsumsi obat menstruasi tidak teratur yang dapat terjamin keamanannya. [Sumber: ip/obathaidtidakteratur]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.