Jendela Keluarga Berkualitas

Kenali Gejala-gejala Menopause

0

 

muslimah jalanBerapa usia Anda sekarang? Pada diri wanita, ada masanya berhenti mengalami menstruasi. Biasanya hal ini terjadi ketika wanita sudah berusia lanjut, yaitu sekira 40 tahunan ke atas. Apabila masa menopause akan segera tiba, maka biasanya menstruasinya tidak teratur. Yang tidak dapat diprediksi kehadirannya. Karena terkadang hingga berbulan-bulan menstruasi itu tak kunjung ada. Itulah salah satu gejala akan terjadinya menopause.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami uraikan gejala-gejala yang akan Anda alami ketika akan memasuki masa menopause.

1. Periode menstruasi tidak teratur

Periode menstruasi yang tidak teratur adalah karakter menopause yang paling sering terjadi. Ketidakteraturan tersebut ditunjukkan dengan perubahan durasi (lebih panjang atau lebih pendek), kuantitas darah (lebih banyak atau lebih sedikit), maupun jarak antar periode.
Hubungi dokter Anda bila menstruasi berlangsung lebih dari 8 hari dengan kuantitas darah yang sangat banyak, jarak antar periode kurang dari 21 hari, atau Anda tidak mengalami menstruasi dalam 6 bulan.

2. Berkas panas atau hot flashes

Berkas panas adalah gejala klasik menopause sekaligus alasan yang mengharuskan Anda untuk mendapatkan perawatan. Berkas panas ditandai dengan sensasi rasa hangat yang tiba-tiba muncul atau rasa sangat panas yang menjalari hampir seluruh bagian tubuh, terutama dada, wajah, dan kepala. Terkadang disertai dengan keringat, merasa cemas, atau detak jantung yang lebih cepat.

Berkas panas kerap berhubungan dengan cuaca panas dan lembab, ruang sempit, kafein, alkohol, atau makanan pedas.

3. Perubahan alat kelamin

Perubahan pada alat kelamin, terutama rasa sakit saat intercourse karena kering. Perubahan ini terjadi karena estrogen memegang peranan penting dalam fungsi alat kelamin perempuan, rahim, kantong kemih, dan saluran kencing. Tak heran bila perempuan yang menopause akan kerap mengalami iritasi, gatal, dan sulit menahan urinasi. Intercourse secara teratur akan menjaga kelembaban alat kelamin perempuan.

4. Insomnia atau susah tidur

Gejala menopause yang sering terjadi lainnya adalah insomnia atau susah tidur. Hal ini merupakan salah satu tanda atau gejala menopause yang biasanya lebih sering muncul di awal menopause. Dan sebagian wanita yang sering mengalami terbangun di malam hari akan berkeringat. Untum menangani masalah ini hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhi asupan makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi. Dan sebaiknya lakukanlah latihan atu juga melakukan teknik relaksasi. [Sumber: ip/tandatandamenopause/hdindonesia]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.