Jendela Keluarga Berkualitas

Kenali Haid, Yuk!

1 17

HAID adalah salah satu ketentuan yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada setiap wanita dewasa. Haid tak jarang datang kepada wanita disertai dengan beberapa keluhan seperti nyeri dan lainnya.

Karena kondisi tersebut, biasanya wanita menjadi tidak nyaman. Meski demikian ini adalah tanda bahwa sistem reproduksi bekerja dengan baik dan merupakan tanda kesehatan yang baik.
 
Walau semua wanita mengalaminya, tidak semua orang memiliki periode dan durasi yang sama satu sama lain. Ada yang mengalaminya sekitar tiga hari, lima hari hingga seminggu.

Gejala yang dialami menjelang haid pun sedianya berbeda satu sama lain. Ada yang ringan dan juga berat. Ini ulasan secara umum, seperti dibeberkan Times of India.

Premenstrual Syndrom (PMS)

Hal ini mengacu pada serangkaian gejala bahwa wanita mengalaminya sebelum periode haid terjadi. Biasanya ditandai dengan keinginan makan, sakit kepala, dan “mood” yang tidak seimbang (naik turun). Cara terbaik untuk menghindarinya adalah menjalankan diet seimbang dengan memakan sayuran dan buah-buahan. Cobalah untuk mengurangi asupan garam sehingga membuat tubuh dapat menahan air dan membuatnya tidak kembung.

Haid yang menyakitkan (Dysmenorrhea)

Hal ini akan mengacu pada sebuah kondisi yang ditandai dengan kram parah di daerah abdomin, nyeri punggung bawah, mual, muntah, dan kelelahan. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan bahan kimia yang dihasilkan tubuh membuat otot-otot rahim berkontraksi. Biasanya kram akan bertahan beberapa hari. Cara untuk mengatasinya adalah melakukan latihan ringan. Rendam tubuh Anda dalam air hangat atau mengompres perut dengan botol yang diisi air hangat untuk melenturkan otot.

Siklus tidak teratur (Amenorrhea)

Tidak adanya keteraturan dalam siklus biasanya dikarenakan olahraga berlebihan atau kelainan genetik atau fisik. Ada sekira 5-25 persen wanita yang berprofesi sebagai atlet dan bekerja keras membuat periode haid mereka berhenti. Disebut amenore karena fenomena ini sangat umum di kalangan penari balet dan pelari.
 

Siklus tinggi (Menorrhagia)

Periode ini dikarenakan ketikdaseimbangan hormon. Ketika ada pendarahan berlebihan seorang wanita akan kehilangan zat besi. Kondisi ini akan menyebabkan dia menjadi terserang anemia. Tanda-tanda anemia termasuk di dalamnya sesak nafas, kulit pucat luar biasa, dan kelelahan.
 
[]

 

(Visited 12 times, 1 visits today)
  1. fikri berkata

    Rumah keluarga indonesia gambar2nya indonesia donk..

Tinggalkan Balasan