Perhatikan Makanan dan Minuman di Waktu Lebaran (1)

0 87

makanan

Namanya juga Idul Fitri, pastinya makanan dan minuman berlimpah di mana-mana. Namun, perlu kita ingat bahwa selain kenikmatan menikmati makanan dan minuman di hari yang raya, ada ancaman kesehatan dari makanan dan minuman itu bagi tubuh kita.

Pada intinya, agar tetap dapat menikmati indahnya lebaran dengan cara yang lebih sehat, yang harus diperhatikan adalah pola makan Anda. Dari segi jenis, Anda harus memperhatikan komposisi karbohidrat, protein, lemak, dan kalori secara seimbang. Dari sisi jumlah, sesuaikan dengan kebutuhan. Perhatikan juga jadwal makan Anda, yakni tidak lebih dari tiga kali sehari (untuk makan besar).

Nah, hal-hal ini mungkin bisa jadi catatan bagi Anda dalam menikmati makanan dan minuman saat hari raya.

Memilih buah-buahan
Konsumsi buah akan membantu menstabilkan kadar glukosa darah sehingga membuat rasa kenyang yang lebih lama. Ini karena buah mengandung banyak serat, memiliki indeks glikemik yang rendah, dan mengadung enzim yang membantu pencernaan. Mengkonsumsi buah (misalnya apel beserta kulitnya) sebelum makan besar, dapat mengontrol nafsu makan. Selain itu, serat tidak larut yang tinggi pada buah dapat melancarkan buang air besar.

Batasi asupan karbohidrat
Santaplah ketupat dalam porsi kecil, misalnya cukup 3 – 4 potong saja.

Pilih satu jenis protein sebagai lauk
Untuk teman ketupat, ambillah lauk cukup dengan satu jenis protein saja, misalnya sepotong daging, ayam, atau telur. Jangan makan semuanya sekaligus.

BERSAMBUNG

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline