Puasa Ternyata Menyehatkan! Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

0 209

Bagi seorang muslim, menjalankan puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib untuk dijalankan ketika bulan Ramadhan tiba. Tidak hanya di bulan Ramadhan, ada juga puasa sunah yang disarankan untuk dijalankan di luar bulan Ramadhan. Dalam menjalankan puasa ini, orang yang berpuasa diwajibkan untuk bisa menahan hawa nafsu, lapar, haus, dan menahan segala hal lainnya yang bisa membatalkan puasa. Meskipun harus menahan lapar dan haus, tetapi tahukah Anda ternyata berpuasa itu baik lho untuk kesehatan. Tidak percaya?

Dalam hal ini, puasa harus diawali dengan makan sahur terlebih dahulu. Hal ini karena asupan makanan ketika sahur bermanfaat untuk sumber energi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, puasa sehat juga tidak hanya memperhatikan sahur yang tepat namun juga asupan makanan yang sehat ketika berbuka. Dengan demikian maka berpuasa tidak hanya menjadi berkah dan pahala, namun juga menyehatkan tubuh kita. Beberapa manfaat dari berpuasa seperti di antaranya adalah:

  • Sehat untuk jantung. Seseorang yang sering berpuasa, maka akan menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 58% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa.
  • Bantu cegah berbagai penyakit. Berpuasa sambil menjaga asupan makanan yang sehat dan sesuai porsinya saat sahur dan berbuka ternyata bisa membantu memperbaiki kondisi medis seperti penyakit kulit, radang usus, radang sendi, dan mengurangi resiko penyakit diabetes, hingga kanker.
  • Bantu jaga berat badan. Berpuasa juga bisa menjadi solusi untuk berdiet dan menjaga berat badan.
  • Meningkatkan endorfin pada darah sehingga akan meningkatkan mood dan tubuh terasa lebih segar
  • Secara psikis, berpuasa dapat membantu mengatasi stres karena orang yang berpuasa belajar untuk mengendalikan dirinya dari hawa nafsu maupun hal lainnya yang membatalkan puasa.

Beberapa manfaat puasa untuk kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas bisa di rasakan jika memang puasa yang dijalankan adalah puasa yang sehat dan sesuai aturannya. Meskipun berpuasa ini menyehatkan, namun bagi beberapa orang justru puasa bisa beresiko, seperti ibu hamil dan menyusui, orang yang memiliki hipertensi, memiliki gangguan jantung, orang yang sedang menjalankan pengobatan, mengalami gangguan sistem imun, anemia, hingga orang yang memiliki masalah ginjal. Untuk itu, jika kondisi tubuh memang tidak memungkinkan untuk berpuasa maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan bisa mengganti nya di kemudian hari.

Pada dasarnya, berpuasa adalah membiasakan diri untuk bisa mengendalikan diri secara fisik dan psikis. Namun jika memang kondisi tidak memungkinkan, maka jangan memaksakan diri untuk berpuasa. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter apakah Anda boleh berpuasa atau tidak. Intinya, puasa memang wajib, namun Islam tidak pernah memberatkan umatnya sehingga dalam kondisi tertentu maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline