Jendela Keluarga Berkualitas

Syarat Kambing Kurban yang Diharuskan Islam

0 30

Hari Raya Idul Adha akan diperingati oleh seluruh umat Muslim di dunia kurang dari sebulan lagi. Berbagai persiapan untuk menyambut hari suci tersebut sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, salah satunya membeli hewan untuk kurban. Menyembelih hewan kurban merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha. Hewan kurban yang biasa disembelih di Indonesia antara lain sapi dan kambing. Kambing paling banyak dijadikan hewan kurban karena harga kambing yang lebih murah daripada sapi. Sehingga, kambing banyak dijadikan hewan kurban oleh individu. Kambing untuk kurban tidak bisa asal pilih. Ada syarat-syarat kambing kurban sesuai dengan syariat Islam.

Syarat Kurban Sesuai Islam

Kambing kurban harus memenuhi persyaratan usia yang sudah ditetapkan oleh syariat Islam. Kambing yang berusia genap satu tahun dan sedang memasuki tahun kedua bisa dijadikan hewan kurban. Usia kambing bisa diketahui melalui bentuk giginya. Kambing dengan gigi susu yang warnanya lebih putih sudah berubah menjadi gigi tetap yang berukuran besar bisa dikatakan kambing yang bisa dijadikan kurban. Sebenarnya tidak ada aturan tertentu mengenai jenis kelamin kambing. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan kambing berjenis kelamin jantan sebagai hewan kurban. Selain itu, kambing yang akan dikurbankan sebaiknya memiliki tanduk. Tetapi tidak masalah jika kambing yang akan dikurbankan tidak memiliki tanduk. Warna badan kambing yang akan dikurbankan lebih baik berwarna putih atau sebagian besar tubuhnya didominasi warna putih.

Kambing yang layak dijadikan kurban adalah kambing yang memiliki fisik yang sempurna dan dalam keadaan sehat. Kambing kurban tidak boleh memiliki cacat seperti mata yang buta dan kaki yang pincang. Berat badan kambing perlu diperhatikan. Jangan memilih kambing yang terlalu kurus. Kambing yang terlalu kurus menandakan kambing tersebut sakit-sakitan. Kambing yang dikatakan sehat adalah kambing yang lincah bergerak dan memiliki bulu yang sehat dan mengkilap. Syarat yang paling penting adalah status kepemilikan kambing. Kambing yang digunakan untuk hewan kurban harus didapatkan dengan cara yang halal, bukan hasil curian, judi, atau riba.

(Visited 66 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan