Jendela Keluarga Berkualitas

Tangga

0 15

Semua kita hampir akrab dengan yang namanya tangga. Tiap hari, tanpa terasa, bisa ratusan anak tangga kita pijak karena sebuah keperluan. Mulai dari menyeberang jalan, naik kendaraan umum, masuk dan keluar gedung, mondar-mandir dalam rumah, dan sebagainya. Tangga menjadi sesuatu yang begitu dekat dalam kehidupan kita.

Tidak begitu beda dari segi teknis, hidup pun tanpa sadar menyerupai tapakan kaki dalam deretan anak tangga. Naik turun posisi hidup seseorang, tak lain dari pijakan diri pada anak-anak tangga kehidupan. Adakalanya naik, adakalanya turun.

Naik turun dalam menapaki anak-anak tangga kehidupan, nyaris membutuhkan jumlah energi yang sama. Kalau naik, energi disiapkan untuk melawan gravitasi. Dan turun, energi dibutuhkan buat mengendalikan gravitasi. Kian singkat tapakan anak tangga, kian berat perlawanan gravitasi di saat naik. Begitu pun sebaliknya di saat turun. Pengendalian punya risiko besar.

Karena itu, jangan pernah mimpi bisa meraih ujung-ujung tangga nan tinggi tanpa siap dan berani melawan gravitasi. Begitu pun ketika turun, siapkan energi kendali gravitasi jika ingin tiba di bawah dengan keadaan selamat. Walau kadang hidup punya pengecualian. Orang bisa tiba-tiba berada di posisi tinggi tanpa harus capek-capek menapaki puluhan anak tangga dan berjuang mengalahkan gravitasi. Karena ada tangga yang bisa berjalan. Tapi ini pun punya konsekuensi. Kelak, turunnya pun secepat naiknya.

Baca Juga

Repotnya, tidak semua kita yang menapaki tangga dengan penuh kesadaran. Dalam melalui anak-anak tangga, seseorang tidak sadar: apakah ia sedang naik, atau turun. Yang ia tahu cuma energinya sedang terkuras untuk menapaki anak-anak tangga. Sehingga dalam waktu tempuh hidup yang begitu lama, posisinya tidak pernah jelas. Tidak naik, dan tidak turun.

Dari situlah, bukan hanya energi dan keberanian yang dibutuhkan dalam menapaki tangga-tangga kehidupan. Tapi juga pemahaman. Agar, tangga naik tidak dianggap turun. Dan turun tidak dianggap naik. []

(Visited 26 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan