Ternyata, Ini Lho Manfaatnya Menangis

0 48

wanita menangisSelain menghilangkan racun atau toksin yang berada dalam tubuh, menangis juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Membantu penglihatan. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada mata yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur.
  2. Membunuh bakteri. Air mata juga dapat berfungsi sebagai antibiotik. Karena, di dalam air mata mengandung cairan bernama lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 peratus bakteri-bekteri yang terdapat di keyboard komputer, pegangan tangga, dll hanya dalam waktu 5 menit saja.
  3. Mengeluarkan racun. Ahli biokimia yang bernama William Frey telah berkali-kali mengkaji tentang air mata. Air mata yang keluar karena perasaan emosional mengandung racun dan dikeluarkan melalui air mata sehingga tubuh kita bersih dari racun.
  4. Melegakan perasaan. Ketika kita diterpa berbagai cobaan biasanya membuat kita bersedih dan ingin menangis. Meskipun dengan menangis tidak dapat menyelesaikan masalah, tetapi setidaknya memunculkan perasaan lega. Bagaimana tidak? Setelah menangis, sistem organ tubuh kita seperti otak dan jantung akan bekerja.
  5. Meningkatkan mood. Air mata yang dikeluarkan seseorang karena emosi, mengandung 24 peratus protein albumin yang berfungsi untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh jika dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan dari iritasi mata. Maka dari itu, dengan menangis, mood seseorang akan terangkat menjadi positif.
  6. Membina komunikasi. Ktika seseorang menangis, tentunya teman yang melihat akan merasa khawatir dan memberikan perhatian yang lebih. Disitu akan terjadi perbincangan yang membuat seseorang menjadi lebih komunikatif dengan dekat bersama temannya.
  7. Mengurangi stress. Air mata mengeluarkan hormon stres yang terdapat dlam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain itu, air mata pun membantu melawan penyakit tekanan darah tinggi.
  8. Untuk itu, jika anda ingin menagis maka menangislah! Terlebih jika menangis karena taubat kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi, “Ada mata yang diharamkan masuk neraka, yaitu mata yang tidak tidur semalaman dalam perjuangan fi sabilillah dan mata yang menangis karena takut kepada Allah.”. Wallaahu a’lam [Sumber: abayla/optikmelawai]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline