Jendela Keluarga Berkualitas

Tidur Berkualitas? Begini Caranya!

0 31

Tidur Berkualitas? Begini Caranya!,  ,Tidur Berkualitas? Begini Caranya!Apakah Anda termasuk orang yang susah tidur? Hmm, jangan buru-buru mengklaim kalau Anda ini insomnia. Coba lakukan hal-hal di bawah ini. Mungkin bisa jadi ini masalah Anda.

Berolahraga

Para ahli kesehatan, siapapun dan dimanapun, pasti menganjurkan kita untuk berolahraga rutin. Karena memang banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu Anda agar cepat tidur di malam hari dan Anda memperoleh tidur yang nyenyak.

Jadwalkan waktu tidur Anda

Menjadwalkan tidur Anda secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas. Hindari hari ini Anda tidur pukul 9 malam, keesokan hari pukul 12 malam dan keesokan harinya lagi pukul 10 malam. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh Anda berjalan baik.

Kenali kebiasaan Anda

Menyambung poin 2 diatas, begitu Anda mengetahui jam tidur Anda setiap malam, pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatu yang biasa Anda lakukan sebelum tidur dengan baik agar jam tidur Anda tidak terlewat. Sebagai contoh, Anda berencana untuk tidur setiap malam pukul 11 dan Anda mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 10.30 maksimal Anda harus sudah mulai membaca sehingga pukul 11 malam Anda sudah tertidur.

Jangan mengonsumsi makanan yang berat sebelum tidur

Pastikan Anda tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Saat ini sering saya mendengar orang-orang melakukan diet di malam hari. Perut yang sangat penuh dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur. Jika Anda masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding ’junk food’.

Matikan komputer Anda

Jika Anda adalah penggila komputer entah itu untuk browsing ataupun bermain game, disarankan Anda membuat jeda antara Anda berhenti bermain komputer dengan saat sebelum Anda naik ke atas ranjang Anda, minimal ½ jam. Biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk tidur jika kita langsung berbaring sehabis menggunakan komputer. Biarkan otak Anda berelaksasi sejenak, karena otak Anda masih ‘panas’ saat itu.

Jangan mengobrol di telepon sebelum tidur

Ini mirip dengan poin no 5. Ketika Anda mengobrol dengan teman Anda di telepon, otak Anda saat itu berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak Anda sebelum Anda pergi tidur. Otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.

Pastikan lampu kamar Anda padam

Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita. Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

Kondisi kasur

Apakah kasur Anda sudah terlalu tua untuk digunakan? Apakah pada bagian tengahnya sudah lebih kempis dibandingkan sisi-sisinya? Jika demikian, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru, yang akan menopang tubuh Anda lebih baik sehingga Anda merasa jauh lebih nyaman selama tidur.
Hal ini biasanya terjadi pada kasur yang berisikan kapuk. Model ‘spring bed’ jarang sekali terjadi.

Lingkungan tidur Anda

Jika Anda seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan Anda menyelimuti diri Anda sebelum tidur sehingga Anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin. [akuinginsukses]

(Visited 43 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan