Jendela Keluarga Berkualitas

TIps Aman Mudik Naik Motor

0 69

Mudik adalah tradisi tiap tahun yang dilakukan terutama oleh umat muslim untuk menyambut lebaran. Hari dimana seluruh keluarga berkumpul bersama bermaaf-maafan. Bahkan saudara yang dari jauh pun hadir untuk berkumpul bersama keluarga. Lalu, apa kabarnya kita yang akan pulang kampung atau mudik? sudah siapkah?banyak diantara kita yang memilih untuk mudik naik motor karena lebih nyaman dan lebih hemat biaya dibanding membeli tiket untuk naik kereta atau kapal. Untuk mudik naik motor kita harus memperhatikan beberapa faktor berikut untuk mengurangi kecelakaan :

mudik naik motor,  ,TIps Aman Mudik Naik Motor

Faktor Manusia

  • Kesehatan Tubuh. Untuk mudik naik motor utamanya kita harus memperhatikan kondisi tubuh apakah sedang dalam keadaan sehat atau kurang sehat? karena untuk menempuh jarak yang jauh menggunakan sepeda motor pastinya kondisi tubuh kita harus prima. Karena apabila dipaksakan berkendara jauh dengan kondisi tubuh yang kurang prima maka risiko kecelakaan dijalan saat berkendara akan lebih besar.
  • Kuasai Cara Berkendara Yang Baik. Pahamilah semua teknik berkendara dengan benar mulai dari cara menjaga jarak kendaraan, rem, hingga mendahului kendaraan secara aman.Jangan sampai kita berkendara dengan keadaan tidak mengetahui teknik berkendara yang baik dan benar.
  • Tingkat Kestabilan Emosional. debu, asap, kebisingan kendaraan, macet dan sebagainya bisa memicu terjadinya stress apabila memang tingkat emosional kita sedang tidak teratur. Maka dari itu jagalah tingkat emosional agar kondisi pikiran pun bisa tetap normal dan mudik bisa berjalan dengan baik tanpa masalah atau gangguan saat berkendara.

mudik naik motor,  ,TIps Aman Mudik Naik Motor

Faktor Kendaraan 

  • Kondisi Kendaraan. Perhatikanlah dan selalu check apakah kendaraan sedang dalam keadaan baik ataukah ada yang perlu diperbaiki. Karena banyaknya kecelakaan berkendara terutama motor adalah karena kondisi kendaaraannya yang memang kurang sehat. Misalnya rem kurang pakem, aki motor menurun sehingga motor sering mati mendadak dan sebagainya.
  • Kelengkapan Surat Berkendara. Persiapkanlah surat-surat yang dibutuhkan saat berkendara terutama saat mudik. Misalnya SIM (Surat Izin Mengemudi) atau STNK karena hal ini sangat penting. Ketika mudik, akan ada banyak sekali pemeriksaan atau razia untuk memastikan bahwa para pengendara adalah pengendara yang memang sudah memiliki SIM sebagai tanda bahwa pengendara sudah mampu untuk mengendarai kendaraannya dengan baik. Untuk itu maka berhati-hatilah.

 

Faktor Lainnya

  • Persiapkan Obat-obatan. Karena mudik adalah perjalanan yang jauh, maka persiapkanlah selalu obat-obatan agar bisa berjaga-jaga ketika tiba-tiba kondisi tubuh kurang baik saat perjalanan. Dengan kondisi mudik yang memang macet, debu dan butuh kesabaran tinggi kadang kita merasakan pusing, masuk angin dan sebagainya. Maka dari itu persiapkanlah obat-obatan untuk tetap menjaga kondisi tubuh.
  • Berdoalah Sebelum Berangkat.  Jangan pernah lupakan faktor yang terakhir ini. Karena ini adalah hal yang paling penting. Seberusaha apapun kita jika tidak disertai dengan doa maka bisa jadi itu sia-sia dan usahanya pun tidak berkah.

Itulah beberapa faktor yang mana akan sangat berpengaruh bagi kita semua ketika akan melakukan mudik naik motor. Maka dari itu perhatikanlah keselamatan kamu sebelum berkendara. Mulai dari kesehatan tubuh, kondisi kendaraan, surat-surat berkendara dan persiapan lainnya yang bisa menunjang lancarnya mudik naik motor tersebut.

 

(Visited 70 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan