Jendela Keluarga Berkualitas

Tips Belajar (1)

0

Tugas pelajar adalah belajar. Namun sekarang ini banyak pelajar yang malas untuk belajar. Hal ini disebabkan karena mereka menganggap bahwa belajar itu adalah hal yang sulit. Sebenarnya belajar itu sangatlah mudah.

Berikut ini adalah tips-tips yang harus diterapkan dalam proses belajar

1. Menganggap penting pelajaran

Jika kita tidak menganggap penting terhadap sesuatu, maka kita tidak akan ingat sesuatu itu dengan baik. Contoh yang paling sederhana ialah, apakah kita hafal gambar pada uang Rp.1000 di kedua sisinya? mungkin kita tidak hafal atau mungkin hanya hafal sebagian saja, padahal kita telah memegang uang tersebut beribu-ribu kali. Mengapa demikian? Tentu saja bukan karena IQ kita yang lemah, akan tetapi karena kita tidak menganggap penting gambar pada uang tersebut. Lalu bagaimana dengan pelajaran yang hanya diulang sekali atau dua kali saja? Maka dari itu kita sangat perlu menganggap penting pelajaran yang kita pelajari. Sehingga seluruh indera kita akan tercurah untuk menyerap pelajaran tersebut secara maksimal. Dan jika hal itu kita abaikan, maka berapapun waktu dan energi yang kita curahkan, hanya sedikit hasil yang akan kita dapatkan dari belajar kita.

2. Berpikir biasa

Apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi tindakan nyata kita. Apabila kita berpikir positif, maka akan menghasilkan pengaruh yang positif pula terhadap tindakan kita. Begitu pula ketika kita berpikir bisa, maka seluruh indera kita akan diperintahkan oleh otak untuk bisa melakukan hal tersebut. Maka tidak sedikit orang yang telah menghasilkan karya-karya besar dari hasil “berpikir bisa”. Jika hal tersebut diterapkan dalam pola belajar kita, maka insyaAllah kita akan mampu menguasai pelajaran tersebut. BERSAMBUNG

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.