Jendela Keluarga Berkualitas

Vitamin yang Bermanfaat Bagi Tubuh

0

Vitamin merupakan salah satu zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Zat tersebut memiliki sifat yang mudah larut di dalam air atau lemak, namun akan mudah rusak jika terkena asam. Zat yang mengandung unsur yang dibutuhkan oleh tubuh (vita) dan mengandung unsur nitrogen (amine) ini akan diserap oleh tubuh dalam bentuk provitamin atau dalam bentuk aktif dan masih bisa berubah ketika masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Vitamin untuk Kesehatan

Ada berbagai jenis vitamin yang memiliki fungsi tersendiri dan diperlukan tubuh, yaitu:

  • A, yang berfungsi untuk mata, menjaga sistem imun dan menjaga kesehatan kulit. Sumber makanan tersebut yaitu buah-buahan berwarna merah dan kuning, susu, atau sayuran berwarna hijau dan kuning.
  • B, yang berfungsi untuk sistem saraf dan jantung, mencegah penyakit beri-beri, kesehatan kulit, mencegah kepekaan mata terhadap cahaya, sumber energi, membantu mengolah nutrisi makanan, menjaga kesehatan gigi dan gusi, memproduksi antibodi, mencegah anemia, dan untuk pertumbuhan anak.
  • C, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, mencegah penyakit kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk sel-sel tubuh dan pemubuluh darah, serta sebagai antioksidan. Sumber makanan tersebut yaitu jeruk, strawberry, susu, mentega, kol, tomat, asparagus, dan ikan.
  • D, yang berfungsi untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang, mencegah penyakit rahkitis atau pelunakan tulang bagi anak-anak, dan membantu proses pengolahan kalsium dan phospor dalam tubuh. Sumber makanan tersebut yaitu sinar matahari, telur, ikan, susu, kedelai, jamur, hati, udang, dan tiram.
  • E, yang berfungsi untuk mencegah asam lemak berlebih, menjaga kesehatan mata, kulit dan paru-paru, serta untuk menjaga fungsi darah. Sumber makanan tersebut yaitu kuning telur, gandum, padi, minyak sayur, ikan, dan ragi.
  • K, yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menekan proses pendarahan, mencegah osteoporosis dan penyakit diabetes. Sumber makanan tersebut yaitu alpukat, kiwi, daun parsley, dan sayuran dedaunan hijau.

Meskipun tubuh hanya memerlukan vitamin secukupnya untuk membantu proses metabolisme, namun jika tidak mencukupi tentunya bisa menimbulkan gangguan kesehatan atau penyakit yang disebut avitaminosis.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.