10 Cara Mencuci Tangan yang Benar

, 10 Cara Mencuci Tangan yang BenarPada saat beraktivitas, tentunya ribuan bahkan jutaan kuman berada di sekeliling kita. Diantara kuman-kuman tersebut, mau tidak mau pasti ada yang menempel pada tangan kita. Hal ini terlihat seperti masalah yang sepele padahala akan berdampak cukup serius pada kesehatan.

Untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, hendaklah Anda membiasakan diri mencuci tangan pada saat sebelum dan sesudah beraktifitas. Tapi, bukan hanya sekadar mencuci tangan. Tentunya, harus ada tata cara yang baik agar 99 % kuman akan hilang dari tangan kita.

Baca Juga

Vitamin yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Berikut ini ada 7 langkah mencuci tangan yang baik dan benar:

  1. Basahilah tangan Anda dengan air bersih yang mengalir setinggi pergelangan tangan atau boleh dilebihkan.
  2. Berilah sabun pada telapak tangan Anda. Dianjurkan untuk tidak menggunakan sabun batang, karena kuman akan menumpuk pada sabun batang. Lebih baik pula menggunakan sabun yang mengandung antiseptik.
  3. Gosokanlah kedua telapak tangan Anda yang sudah dibasahi dan diberi sabun. Gosok sampai tangan berlumuran dengan busa selama kurang lebih 15 – 20 detik.
  4. Gosoklah punggung tangan dengan telapak tangan yang lainnya secara bergantian serta gosoklah sela-sela jarinya.
  5. Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lainnya dan saling mengunci.
  6. Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.
  7. Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan kedepan, kebelakang dan berputar. Lakukan sebaliknya.
  8. Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.
  9. Bilas kembali tangan Anda dengan air bersih yang mengalir sampai betul-betul bersih.
  10. Keringkanlah tangan Anda. Dianjurkan untuk menggeringkan dengan tissue atau handuk bersih. Hindari menggunakan mesin pengering yang biasa terdapat di toilet mall. Karena, tentunya sudah banyak kuman yang terdapat pada mesin pengering tersebut.

Itulah beberapa langkah-langkah untuk mencuci tangan yang baik dan benar. Semoga, dengan membiasakah diri mencuci tangan kita semua dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. [retsa/islampos/dinkes/kumpulaninfokesehatan/readersdigest]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.