10 Kesalahan Dalam Mendidik Anak Menurut Islam (1)

, 10 Kesalahan Dalam Mendidik Anak Menurut Islam (1)Mendidik anak menjadi sebuah kewajiban bagi orang tua. Karena mendidik itu bertujuan untuk membentuk karakter seorang anak nantinya. Maka dari itu, mulai dari sekarang cobalah mendidik anak dengan baik dan benar. Jangan sampai salah mendidk. Adapun 10 kesalahan dalam mendidik anak tersebut yaitu:

1.Memberi didikan yang tidak seimbang

Tidak seimbang antara didikan jasmani (fisik), rohani (keagamaan) dan keilmuan. Saat ini banyak orang tua yang lebih mementingkan pendidikan ilmu (misalnya matematika, ipa, bahasa inggris, dll) dari pada pendidikan keagamaan.

2. Menegur anak secara negative

Mengeluarkan kata-kata kasar dan makian kepada anak-anak saat kita marah karena kesalahan yang diperbuat anak. Janganlah kita membandingkan anak kita dengan saudaranya atau anak orang lain.

3. Tidak tegas dalam mendidik anak

Tidak menjadwalkan kegiatan harian yang positif bagi anak dan terlalu memfokuskan anak-anak kepada sesuatu aktivitas saja tanpa memperhatikan perasaan mereka.

4. Kurang mengawasi acara tv ataupun video yang ditonton anak

Pengawasan terhadap apa yang ditonton anak sangat penting, kerena saat ini banyak acara tv menonjolkan akhlak yang kurang baik, seperti pergaulan bebas, pakaian yang tidak sesuai kaidah agama dan perbuatan yang tidak pantas ditonton anak-anak.

5. Tidak mengajarkan kebiasaan yang baik di rumah

Tidak pernah mengajar anak untuk memberi dan membalas salam, makan bersama, solat berjemaah, beribadah bersama-sama, dan sebagainya. BERSAMBUNG

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.