3 Cara Mudah Mendidik Anak Mandiri

0

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Begitu kata pepatah. Ya, anak memang biasanya sangat mirip dengan orang tua mereka. Tidak hanya karena memiliki genetik yang sama, namun, karena anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang tua mereka terutama pada saat masa emas pertumbuhan. Sebenarnya, sangat mudah melatih anak agar dapat menjadi seorang yang memiliki sikap yang baik. Karena orang tua adalah sekolah pertama seorang anak, maka orang tua lah yang berkewajiban mendidik anak agar dapat memiliki sifat dan perilaku yang baik. Didikan orang tua akan tercermin pada perilaku dan sikap anak di lingkungan.

Mendidik Anak agar Mandiri

Untuk dapat mendidik anak menjadi anak mandiri, orang tua sebaiknya mulai menanamkan sifat dan perilaku mandiri kepada anak sejak dini. Adapun beberapa cara agar anak dapat mandiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Biasakan anak untuk mengambil barang yang dibutuhkan sendiri

Membiasakan anak melakukan hal sendiri dapat melatih anak untuk lebih percaya diri dan mandiri. Dengan memberikan kesempatan anak untuk mengambil barang yang mereka butuhkan sendiri dibawah pengawasan kita, anak akan terbiasa untuk tidak tergantung dengan orang lain dan lebih mandiri. Namun, Anda tetap harus mengawasi anak agar tidak melakukan hal yang dapat menimbulkan bahaya.

  1. Beri reward saat anak berhasil melakukan sesuatu sendiri

Memberi hadiah saat anak berhasil melakukan sesuatu sendiri juga dapat menjadi slah satu hal yang penting dilakukan. Hadiah tidak selalu berupa barang. Beri perhatian dan apresiasi saat anak berhasil melakukan sesuatu sendiri sudah membuat anak merasa bangga. Beri pelukan dan puji mereka saat melakukan hal baik seperti membuang sampah di tempatnya dan merapikan mainan setelah selesai bermain sangat baik untuk dilakukan.

  1. Jadi contoh yang baik

Mulai menjadi contoh yang baik. Membentuk anak mandiri dapat dimulai dari orang tua. Karena anak biasanya meniru perilaku yang dilakukan orang tua mereka.

Nah, itu tadi tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih anak mandiri. Anak tentunya dapat secara instan menjadi mandiri, perlu latihan yang konsisten dan berulang-ulang agar anak mengerti dan menjadi mandiri.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline