7 Tips Jauhkan Anak dari Televisi

0

, 7 Tips Jauhkan Anak dari TelevisiTelevisi  sudah lama merajai segala bidang. Bahkan, anak-anak pun tiada hentinya untuk menghabiskan waktu mereka di depan TV. Entah apa yang membuatnya menjadi terlena. Namun, besar kemungkinan pengaruh dari tayangan yang disediakan di TV sangat memikat hati anak.

Maka dari itu, kita sebagai orangtua harus bisa menyiasati hal itu. Bila kita hanya mendiamkan saja, anak akan memiliki sifat yang kurang baik di masa mendatang. Sebelum hal-hal yang tidak baik itu terjadi, kita harus mencegahnya. Berikut ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar anak tak sering menonton TV.

1. Terapkan disipli waktu pada anak.

2. Letakkan TV di tempat/ lemari yang bisa dikunci. Dan kunci lemari TV itu ketika kita keluar rumah.

3. Sediakan buku-buku cerita Islam yang menarik bagi anak, semisal cerita nabi. Kita juga bisa berlangganan (membeli) majalah/ koran yang di dalamnya ada cerita bagian anak-anak. Selain untuk penghematan, anak juga senang karena ada cerita yang bisa dibacakan untuknya.

4. Atur waktu-waktu menonton anak. Jika waktu shalat tiba, ajak anak shalat berjamaah, lalu kalau dapat setelah shalat ajarkan atau ceritakan tentang kisah nabi dan sahabat nabi dengan gaya yang menarik bagi anak. Terapkan kebiasaan membaca pada anak dan katakan kita dapat mengetahui segalanya lewat buku.

5. Wajibkan pada anak, tugas sekolah harus siap dahulu, baru boleh melakukan hal yang lain.

6. Berikan contoh pada anak bahwa kita sendiri pun tidak begitu suka menonton TV, caranya dengan hanya menonton acara-acara tertentu.

7. Berikan mainan yang dapat merangsang kreativitas dan daya imajinasi anak.

Sumber: Ummi Wanita Berpolitik No 01/XI Mei-Juni 1999/1420 H

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline