8 Cara Merawat Hati Agar Cantik Senantiasa (1)

, 8 Cara Merawat Hati Agar Cantik Senantiasa (1)Menjaga diri agar senantiasa taat dalam aturanNya pasti senantiasa berhiaskan tantangan dan problema, tentunya agar selalu menguatkan ‘azzam dan mendewasakan diri kita.

Ada kalanya ketika kita mengintrospeksi diri sendiri, amalan yang kita lakukan sehari-hari diniatkan ‘bukan hanya karena Allah SWT semata’, hati sering tercemari dengan tujuan-tujuan duniawi dan hawa nafsu pribadi. Bahkan teman-teman sholih dan sholihat pun, tatkala ada kesal dan memiliki momen yang kurang disukai, amarah dilampiaskan dengan kata-kata yang tak terduga. Omelan atau caci maki dan sikap pongah melanda diri, meskipun biasanya berprilaku halus, santun dan lembut.

“Gue kok males-malesan sekarang yah, kalau pengajian…?” celetuk seorang saudari. Dikarenakan ada sosok yang pernah membuatnya tak berkenan, sehingga jika bertemu, sakit hati kembali membuncah dalam dirinya. Aih, ini merugikan diri sendiri, ketenangan jiwa adalah di saat segala aktivitas kita ‘Lillahi ta’ala’, bukan karena ada atau tiada seseorang yang akan berjumpa saat itu.

“Kamu temenan gak sama si fulanah? Pernah gak dia ngomongin gue, say? Ngomongin apa tuh kira-kira?” ini juga komentar lain, namanya juga hubungan persahabatan dan pertemanan, permainan kata berseliweran dimana-mana. “Naaah, gara-gara kamu omongin, jadinya saya tau deh, hehehehe…” candaku, tatkala sobat tersebut bercerita. Ingatlah pesan gurunda kita, “Tatkala berkumpul dengan saudara, bicarakan hal-hal yang baik, kalimat-kalimat yang baik, doa-doa kebaikan… karena malaikat pun meng-amin-kan, masya Allah!”

Memang masalah hati tiada pernah habis bahasannya. Karena kita adalah manusia yang saling peduli, cinta-mencintai, serta berharap untuk selalu dalam ridhoNya, Insya Allah.

Suatu obrolan dengan sisters, “Karena kita ini tak-lah sangat kuat, tak-lah selalu tinggi keimanan sebagaimana generasi nabi-nabi Allah, tentu ada rasa takut saat memiliki kecondongan hati terhadap nafsu, saat hati tercemari, menjadi malas dalam mengikuti ajakan aktivitas kebaikan, dan semisalnya… Apalagi ketika sambutan ramadhan seolah ‘biasa-biasa saja’ dalam amalan sehari-hari, padahal bulan yang dirindukan memiliki keistimewaan ‘bonus berbonus rewardNya’, bagaimanakah merawat hati kita supaya senantiasa condong pada al-Haq?”

Di antara tips merawat hati kita agar cantik, selalu condong kepada cita meraih cintaNya adalah sebagai berikut :

1. Mengontrol keinginan-keinginan, dengan cara “laranglah jiwa raga kita jika ingin mengikuti hal-hal yang tidak sesuai dengan islam”, berusaha disiplin dengan mengingat aturan-aturanNya—kita berpijak di atas bumiNya, sepatutnya tunduk patuh kepada aturan Allah SWT.

2. Menikmati puasa. Perut adalah sumber dorongan utama dari manusia— jika seseorang dapat mengontrol makanan, impuls lain akan mengikuti (kerakusan adalah bahan bakar untuk nafsu).

Imam al-Qusyairi mengatakan, “Bagi saya, untuk mengangkat tangan dari piring saya sementara perut masih lapar, adalah lebih baik daripada sepanjang malam komat-kamit dalam doa.” Lapar adalah kenikmatan.

Memulai nikmat lapar adalah dengan makan dalam porsi kecil, makanlah bersama orang lain (membuat kita sadar berapa banyak yang kita makan), berbagi makanan, dan mengurangi jumlah asupan makanan dalam keseharian.

BERSAMBUNG

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.