Ada Apa di Air Susu Binatang? (1)

0

, Ada Apa di Air Susu Binatang? (1)“Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat manfaat yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan,” (QS. Al-Mukminun: 21).

Siapa yang tidak tahu susu. Cairan bergizi berwarna putih yang kaya akan sumber gizi. Selain ASI yang utama tentunya, susu binatang pun dapat dijadikan pelengkap kebutuhan gizi manusia, ini tak hanya berasa enak namun juga kaya manfaat.

Dan kali ini kita akan mengetahui lebih jauh tentang air susu binatang (bukan susu formula) yang dewasa ini memiliki banyak fungsi dan manfaat, bahkan kandungan gizi air susu binatang sejak dulu dipercaya sebagai penunjang kebutuhan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi.

Selain susu sapi yang lebih banyak dimanfaatkan dan dikenal selama ini, rupanya masih ada hewan memamah biak lainnya yang juga menghasilkan susu dan tentu saja jika dilihat dari sudut pandang agama pun masih termasuk kategori halal. Asalkan cara mendapatkan dan cara mengolahnya sesuai syariat yang sudah ditentukan Sang Pencipta lewat Kitab Sucinya.

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah,” (Q.S An-Nahl: 114).

Dari beberapa macam hewan ternak, yang tentunya juga dihalalkan Allah dalam Al-Qur’an kita bisa mengambil manfaat susu yang tentunya memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari yang dimiliki susu sapi meskipun susu sapi terdengar lebih familiar untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Dalam postingan ini akan dijelaskan beberapa hewan memamah biak yang bisa diambil susunya dan karakteristiknya adalah sebagai berikut:

1. Susu Kambing
Meski susu kambing mulai populer di Indonesia, namun penyediaannya belum sebanyak susu sapi. Jika pada sapi perah dikenal keturunan Holstein sebagai penghasil susu utama, di keluarga kambing yang terkenal sebagai penghasil susu adalah jenis Saanen. Jenis-jenis kambing penghasil susu lainnya, ada Nubian (penghasil sedikit susu dengan kadar lemak tinggi), Ettawa, Toggenburg, LaMancha, Oberhasli, dan Alpine.

Komposisi gizi: Susu kambing mengandung kadar laktosa yang sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi. Kondisi ini sangat baik bagi orang yang mengalami lactose intolerance (alergi susu akibat kurangnya enzim sehingga penyerapan laktosa tidak berjalan sempurna).

Susu kambing mengandung asam lemak berantai pendek dan sedang, hal ini membuat lemak susu kambing lebih mudah dicerna tubuh untuk menghasilkan energi sehingga tidak tertimbun sebagai lemak atau kolesterol. Hanya saja kandungan asam folat dan vitamin B12 pada susu kambing cukup rendah.

Cita rasa: Bau dan rasa susu kambing murni sangat spesifik yaitu sedikit berbau kambing. Ada kalanya bau agak tajam karena pengaruh pakan. Susu kambing murni rasanya, sedikit manis dan berlemak.

2. Susu Unta
Unta berpunuk satu sudah dikembangbiakkan di daerah Selatan Arab Saudi sejak 3000 SM untuk dimanfaatkan daging dan susunya.

BERSAMBUNG

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline