Agar Gaji Tidak Menguap dalam Sekejap

, Agar Gaji Tidak Menguap dalam Sekejap

Ini adalah tanggal muda, tanggal dimana hari-hari kita mendapatkan pemasukan, untuk sebagian besar yang mengandalkan gajian. Urusan finansial adalah hal yang paling sensitif dan sangat esensial dalam hidup. Oleh karena itu, mengaturnya adalah sesuatu yang tidak mudah dan perlu penanganan yang benar. Bisa dibilang pula bahwa uang menjadi aset yang mudah ‘menguap’. Karena sangat mudah untuk digunakan, jika tidak terkontrol maka akan hilang dengan sekejap dan berganti dengan beberapa kepuasan yang diinginkan.

Uang tunai adalah bentuk uang yang paling umum digunakan manusia. Cobalah untuk menjadikan kebiasaan untuk mengambil sejumlah uang setiap minggu dari ATM dan lihatlah seberapa lama jumlah uang itu dapat bertahan. Dengan disiplin, maka akan diketahui apakah Anda mampu mengelola uang dengan baik atau tidak. Jika Anda mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya pada pekan tersebut, maka Anda dapat merubah kebiasaan pengeluaran pada minggu selanjutnya.

Karena hanya melibatkan sejumlah kecil uang pada setiap minggunya, sehingga hal ini bisa lebih mudah diatur dan juga baik untuk melatih kedisiplinan finansial Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda juga dapat memperkirakan seberapa banyak uang yang harus diambil setiap minggunya tanpa adanya pengambilan tambahan. Dengan menggunakan cara tersebut, Anda akan dapat mencapai disiplin finansial yang mendasar.

Anda setidaknya harus menyiapkan pengeluaran untuk 6 bulan di tangan dalam bentuk uang tunai, alat pembayaran yang paling mudah aksesnya. Ada pula tanggapan dari sebagian orang yang menganjurkan untuk menyiapkan sebesar 6 bulan dari gaji Anda, namun menyiapkan pengeluaran untuk 6 bulan ke depan merupakan cara yang lebih mudah untuk memulai.

Sebagai contoh Anda mendapat Rp 2 juta untuk sebulan, yang mana Rp 1,4 juta untuk dibelanjakan dan Rp 600 ribu ditabung. Maka, pastikan Anda memiliki setidaknya 6 x Rp 1,4 juta (Rp 8,4 juta) di bank untuk keperluan darurat. Hal tersebut mungkin terkesan lebih mudah daripada harus menabung sebesar Rp 1,2 juta. Pisahkan juga jenis tabungan wajib ini dari tabungan reguler Anda. [memobee]

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.