Amalan Sunah yang Dianjurkan pada Bulan Ramadan

0

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang penuh dengan pengampunan karena Allah membuka lebar-lebar pintu surga-Nya dan menutup pintu-pintu neraka. Sungguh kita harus benar-benar memanfaatkan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadhan sangatlah mudah dan tidak sulit untuk dicari. Bahkan tidur orang yang sedang berpuasa juga memiliki nilai ibadah dan mendapatkan pahala. Janganlah kita selama bulan Ramadhan hanya menahan lapar dan dahaga. Tapi manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk mendapatkan pahala yang banyak dan juga keberkahan-Nya. Sambutlah bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, karena Allah akan senang dan memberikan banyak kebaikan pada umat-Nya yang juga senang akan datangnya bulan suci tersebut.

Selain menjalankan kewajiban pada bulan Ramadhan, yaitu melaksanakan ibadah puasa, dan sholat 5 waktu, kita juga harus menambah sunah-sunah yang harus dijalani selama bulan suci tersebut untuk bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Berikut beberapa sunah-sunah yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan:

  1. Sahur

Sahur, makan sahur, makan sahur mewah
Makan Sahur (source: halo sehat)

Nabi menyuruh kita untuk melaksanakan makan sahur. Dengan sahur, puasa kita untuk satu hari tersebut bisa kuat dan tidak terlalu banyak kehilangan energi. Akan tetapi banyak yang suka melewatkan makan sahur, karena rasa malas untuk bangun dan makan. Padahal dengan sahur, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan untuk kelancaran berpuasa di tengah-tengah aktivitas kita.

  1. Menyegerakan Buka Puasa

maghrib, adzan maghrib, sore hari
Waktu Maghrib

Menurut hadis riwayat Bukhari dan Muslim mengatakan bahwa manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan jika menyegerakan untuk berbuka puasa. Hal tersebut memang benar adanya. Setelah kita seharian dalam keadaan perut kosong, usahakan jika waktu berbuka telah berkumandang, segerakan mengisi perut Anda agar hangat dan tidak sakit.

  1. Membaca Al-Qur’an

baca alquran, alquran, baca quran
Anak Membaca Al-Quran

Kitab suci Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan. Maka bagi kita umat Nabi Muhammad, Nabi yang menerima kitab suci Al-Qur’an harus senantiasa membaca dan mengamalkan isi kitab Al-Qur’an. Apalagi jika kita membacanya pada bulan Ramadhan. Maka Allah akan melipat gandakan pahala kalian karena telah membaca kitab Allah.

  1. Memberikan Makanan Berbuka Puasa pada Orang yang Membutuhkan

buka puasa, memberi makan berbuka, buka puasa gratis
Menyiapkan Buka Puasa bersama (source : obv)

Saling membantu pada bulan suci adalah sesuatu yang sangat Allah sukai. Membantu dan memberikan makanan untuk para orang yang kurang mampu akan menambah pahala beratus kali lipat. Berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan adalah rasa bentuk syukur kita kepada Allah atas rezeki yang diberikan-Nya kepada kita semua.

  1. Sholat Tarawih

shalat tarawih, salat sunat, shalat sunnah tarawih
Shalat Sunnah Tarawih (source : diwarta)

Bulan Ramadhan tidak akan lengkap tanpa menjalankan sholat Tarawih. Sholat ini memang bunyinya sunah, akan tetapi berasa wajib karena semakin hari banyak yang mengikuti ibadah sholat tarawih. Entah itu jumlahnya 8 rakaat ataupun 21 rakaat, semuanya dianggap baik di mata Allah SWT.

 

Semoga setiap waktu dalam ramadan kita menjadi ibadah. Baik ibadah sunnah ramdan apalagi wajib kita tercatat oleh malaikat. Semangat ramadan .

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline