Anak Ingin Punya Hewan Peliharaan?

0

, Anak Ingin Punya Hewan Peliharaan?

Anak Anda merengek-rengek untuk punya binatang peliharaan? Hmm, beberapa dari kita memang sering tidak menyetujui anak memiliki hewan peliharaan. Acapkali hewan dianggap dapat menjadi sumber penyakit bagi anak-anak. Baiknya bagaimana ya?

Perlu diingat merawat hewan peliharaan membutuhkan tanggung jawab besar terutama dalam memberi nutrisi, menjinakkan, membersihkannya agar jauh dari sumber penyakit, dsb. Jika disertai dengan tanggung jawab, maka memelihara hewan juga sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak-anak Anda.

Hewan peliharaan bisa memainkan peran penting dalam keseharian anak-anak Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 256 anak sekolah di India membuktikan bahwa mereka yang berasal dari keluarga dengan hewan peliharaan ternyata tingkat kehadirannya di sekolah lebih besar karena jarang sakit dibandingkan mereka yang tidak punya hewan peliharaan.

Anak-anak di sekolah dasar dengan hewan peliharaan memiliki tingkat kehadiran 20 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak punya.

Hewan peliharaan juga membantu mengembangkan rasa menyayangi dan berbela rasa pada anak-anak.

Namun bagi kita, keluarga Muslim, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anak mempunyai hewan peliharaan. Misalnya saja, kita tentu saja tidak akan mengizinkan anak memelihara anjing atau binatang reptil yang sekiranya bermasalah dengan keyakinan kita. Jadi silakan saja pertimbangkan, ya Ummi. []

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline