Anak Jago Berargumen? Orang Tua Harus Bangga!

0 857

Kelakuan anak yang sudah mulai jago berargumen didepan orang tuanya adalah suatu hal yang dominan dianggap hal yang sangat buruk. Karena dari hal tersebut orang tua biasanya menilai bahwa anaknya sudah bisa untuk melawan perkataan orang tuanya. Terkadang memang hal tersebut benar, namun disisi lain kita perlu mengetahui bahwa sebenarnya kemampuan anak untuk berargumen memiliki banyak manfaat tersendiri bagi si anak. Berikut adalah alasan kenapa orang tua harus bangga ketika anaknya mampu berargumentasi.

  1. Bisa Meningkatkan Skor IQ

 peningkatan iq, jago berargumen, otak cerdas

Tidak dapat disangka bahwa pada kenyataannya ketika anak mampu untuk jago berargumen, hal tersebut bisa menggenjot skor IQ si anak. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Karena dengan berargumen si anak dapat dikatakan bahwa dirinya telah terpacu oleh dirinya sendiri untuk semakin kreatif dan berpikir kritis dalam menanggapi lawan bicaranya. Hal itulah yang mana dapat meningkatkan skor IQ si anak.

Baca Juga : Perbedaan Merawat Anak Laki-laki dan Perempuan

  1. Cara Berpikir Anak Semakin Kritis
berpikir kritis,jago argumen, anak cerdas
source : UGM

 

 

Jago berargumen mampu membuat anak berpikir secara kritis. Apa manfaatnya? Berpikir kritis adalah salah satu hal yang amat sangat penting dalam berkomunikasi, maka dengan berpikir kritis si anak akan mampu berkomunikasi dalam beraneka macam konteks interaksi.

 

  1. Melatih Logika Anak
logika anak, anak berargumen, anak cerdas,
Source : amazon gs geo

 

     Logika berpikir sangatlah penting, karena dengan adanya logika berpikir kita akan mampu menyelesaikan suatu masalah ataupun suatu perkara yang memang memerlukan tingkat pemikiran yang baik dan cerdas. Jago berargument melatih logika berpikir si anak, maka si anak pun akan semakin cerdas dalam berpikir dan memberikan jawaban-jawaban yang tepat dalam suatu konflik, interaksi, ataupun dalam menghadapi suatu kendala.

 Baca juga : Kiat Agar Anak Semangat Sekolah Gak Mogok Lagi

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

anak cerdas, anak percaya diri, anak jago argumen

Jago berargumen ini bagus untuk percaya diri. Kita semua pasti tau seberapa pentingnya rasa percaya diri. Percaya diri memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita. Terutama dalam berbicara dan bersosialisasi. Misalnya, dalam berorganisasi, presentasi, berdiskusi ataupun berkomunikasi dengan guru.  Beberapa hal tersebut pastinya amat sangatlah penting dan kita semua pasti akan merasakan dan melakukannya. Namun, banyak juga diantara kita yang merasa kurang percaya diri dalam melakukan presentasi ataupun menyampaikan pendapat kita. Dari rasa percaya diri inilah kecerdasan muncul. Berbanggalah jika anak anda mampu berargumen, karena dengan berargumen kita bisa mengetahui bahwa anak tersebut memiliki rasa percaya diri yang baik. Baik untuk berkomunikasi di lingkungan umum, ataupun dalam menghadapi masalah dan mengambil keputusan.

Itulah beberapa hal tentang mengapa orang tua harus bangga jika anaknya mampu berargumentasi. Mengajarkan anak untuk berargumentasi adalah hal yang tidak selamanya buruk. Ajarkan anak anda untuk berargumen, karena itu sangatlah penting untuk kehidupan si anak.

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline