Anak Remaja Anda Mulai Jatuh Cinta?

0

, Anak Remaja Anda Mulai Jatuh Cinta?

Ada orang tua yang bertanya begini: Bagaimana jika anak kita usia remaja sudah mulai jatuh cinta? Mulai punya pacar? Bahkan pacarnya datang ke rumah? Jatuh cinta adalah proses wajar dan alamiah, yang dialami oleh semua orang. Jika jatuh cinta dilarang.. saya kuatir justru dia tidak akan tumbuh sebagai manusia normal, menjadi frigid (dingin secara sexual), terlambat atau bahkan tidak menikah, atau ekstrim sebaliknya dia akan memberontak dengan sembunyi-sembunyi pacaran, melakukan freesex dan hamil sebelum menikah.

Hanya saja sekarang banyak orang tua kaget-kaget, karena anaknya jatuh cinta terlalu cepat. Anak kelas 6 atau anak SMP sekarang sudah seperti anak SMA jaman kita orang tua dulu, dandanan mereka, gaya hidup mereka, punya pacar dan lain-lain.

Pertama jangan buru-buru marah, itu akan membuat suasana perlawanan, konfrontasi dan serba membantah. Walaupun itu tidak mudah, berusahalah untuk tenang, biarkan anakmu tetap punya keberanian dan keterbukaan untuk bercerita kepadamu. Jika anak sudah tidak mau lagi bercerita kepada orang tuanya, karena ketika dia bercerita langsung dimarahi, maka anak akan menjadi tertutup dan orang tua bersiaplah untuk kejutan-kejutan selanjutnya.

Dekati anakmu, jika engkau susah untuk berkomunikasi dengan anakmu, mintalah pasanganmu, (salah satu dari orang tua biasanya mempunyai kedekatan dengan anak), ajak dia berbicara sebagai ‘sahabat’ dari hati ke hati, berikan waktu lebih untuk bersama-sama, misalnya ke plaza atau mencari baju ke outlet atau olah raga. Jika HUBUNGAN sudah terbentuk maka segala nasihat apapun yang hendak engkau katakan, anak-anak akan mendengarnya. [Sumber: Inspirasi Mendidikan Anak]

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline