Anak Self-Fulfilling Prophecy, Apa Itu?

, Anak Self-Fulfilling Prophecy, Apa Itu?

Oleh: Fitra Arifin

Dalam bukunya Outliers, Malcolm Gladwell menunjukkan beberapa contoh kasus dimana orang-orang yang dikategorikan sukses pada bidang tertentu ternyata lahir pada bulan yang berdekatan.

Contohnya adalah team hockey Canada yang sebagian besar pemainnya lahir pada bulan Januari, Februari, dan Maret. Hanya sedikit persentase pemain yangg lahir antara Juli-Desember. Penelitian kemudian menyebutkan bahwa hal ini terjadi karena cut-off date untuk bisa berlaga di kompetisi junior hockey adlh tgl 1 Januari. Artinya anak-anak yang lahir antara tgl 2 Januari hingga 1 Januari tahun berikutnya akan berlaga di level kompetisi yang sama.

Hal ini menyebabkan anak-anak yang lahir di awal bulan memiliki ‘keunggulan awal’ karena perbedaan level “Kematangan”, dimana perbedaan ini pada anak cukup signifikan walaupun umurnya hanya berbeda beberapa bulan saja. Keunggulan awal inilah yang menjadikan anak itu mendapat kesempatan berkembang lebih luas, latihan lebih banyak, coach yang lebih baik, perhatian maupun lirikan dari pemandu bakat yang lebih besar. Sehingga pada ujungnya dia memang menjadi sukses.

Fakta yang cukup mengganggu karena beberapa sistem masih menggunakan batasan umur dalam melakukan seleksi awal, salah satunya adalah sekolah. Masyarakat masih sering bias melihat antara ‘ability’ dengan ‘maturity’. Anak yang lebih mature kemudian secara tidak sadar mendapat perlakuan lebih istimewa sehingga dia secara aktual memiliki kemampuan yang lebih baik juga. Fenomena ini disebut sebagai “self-fulfilling prophecy”.

Anak-anak yang merasa istimewa atau dianggap istimewa akan berkembang DAN memiliki lingkungan yang membuatnya menjadi benar-benar istimewa. Self-fulfilling prophecy, pygmallion effect, mestakung, atau apapun istilahnya memang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita. Kehati-hatian harus kita jaga jangan sampai anak kita berada pada sisi yang salah.

A note to parents like myself to make our children feel specials, bcoz they are specials, and will be specials in the future.. . []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.