Aneka Es Buah Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Cuaca panas identik dengan mengonsumsi minuman dingin seperti es untuk menyejukkan suasana. Indonesia sebagai negara tropis memang dikenal akan cuacanya yang panas, sehingga kuliner es buah akan dapat dengan mudah ditemui di berbagai daerah terutama saat musim kemarau panjang.

 

5 Macam Es Buah khas Daerah yang Enak dan Segar

Ada sangat banyak kuliner es khas Indonesia dari beberapa daerah yang berbeda. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

1 Pertama ada Es Selendang Mayang yang berasal dari Betawi.

, Aneka Es Buah Dari Berbagai Daerah di Indonesia
Es Selendang Mayang ( resep koki )

Resep esnya sudah turun temurun dari leluhur. Bahan utamanya ialah tepung sagu yang dibuat agar mirip seperti agar-agar. Jika dilihat sekilas, adonannya mirip dengan kue lapis kanji dengan warna merah dan hijau berpadu dengan warna putih sehingga tampak menarik. Adonan kemudian dipotong secara tipis melebar, diletakkan dalam mangkuk, diberi es batu dan sirup gula merah lalu disiram kuah santan.

2 Kedua ada Es Oyen dari Bandung

, Aneka Es Buah Dari Berbagai Daerah di Indonesia
Es Oyen Khas Bandung

Es Oyen kini  lebih terkenal di Surabaya. Es ini terbuat dari alpukat, kelapa muda serta nangka. Campuran ketiganya akan dipadukan dengan susu kental manis serta air santan.

3 Kemudian ada Es Tebak khas dari Padang.

, Aneka Es Buah Dari Berbagai Daerah di Indonesia
Es Tebak Khas Padang

Bahan utamanya adalah cincau hitam, tape ketan hitam, kolang-kaling serta tebak. Tebak sendiri merupakan adonan yang terbuat dari tepung beras serta dimasak lalu dicetak mirip cendol. Teksturnya lebih keras dari cendol dan warnanya putih seperti parutan kelapa. Es Tebak umumnya akan disajikan bersama sirup merah, susu kental manis serta es serut.

4 Dari kota Makassar terdapat kuliner khas Es Pisang Ijo.

, Aneka Es Buah Dari Berbagai Daerah di Indonesia
Es Pisang Ijo Khas Makasar

Bahan utamanya adalah pisang yang diselimuti tepung berwarna hijau. Warna hijau ini didapat dari air daun suji serta pandan. Walau sama-sama berbahan pisang, namun es ini berbeda dengan Es Palu Butung yang sama-sama berasal dari Makassar juga.

5 Terakhir ada Es Goyobod .

, Aneka Es Buah Dari Berbagai Daerah di Indonesia
Es Goyobod Khas Bandung

Es goyobod ini merupakan minuman dingin khas dari Bandung. Es ini hampir sama seperti es campur. Namun bedanya adalah dalam Es Goyobod terdapat hunkue yang telah dipotong-potong. Es ini cocok dijadikan menu dalam berbuka puasa karena rasa yang manis, menyegarkan serta kaya protein dari susu dan juga vitamin dari buah-buahan.

 

Demikian adalah beberapa macam es yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai salah satu menu takjil untuk berbuka puasa.  Atau, kita juga bisa membuatnya di akhir pekan saat sedang tidak bulan Ramadhan untuk menikmati kesegarannya. Bahan-bahan utama seperti buah, susu kental manis, sirup merah hingga adonan tepung terbilang mudah untuk didapatkan di sekitar kita. Karena es ini adalah es khas dari Indonesia maka tidak akan sulit dalam mencari bahan bakunya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Ruangan komen telah ditutup.