Apa itu Ishraf?

0

, Apa itu Ishraf?Saat kita makan secara berlebihan, pasti pernah ada yang mengatakan ‘jangan berperilaku ishraf karena itu perbutan syetan’. Perbuatan syetan? Berarti ishraf ini merupakan salah satu perilaku yang dilarang oleh Allah ya. Benarkah? Agar tidak salah paham mengenai ishraf, ikutilah penjelasan berikut.

Berlebihan dalam Bahasa Arab disebut dengan kata asrafa-yusrifi-israaran, yang berarti bersukaria sampai melewati batas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, melampaui batas (berlebihan) diartikan sebagai melakukan tindakan di luar wewenang yang telah ditentkan berdasarkan aturan atau nilai tertentu yang berlaku. Secara istilah melampaui batas (berlebihan) dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang dlakukan seseorang di luar kewajaran atau kepatuhan. Firman Allah:

Baca Juga

Syarat Kambing Aqiqah sesuai Syariat Islam

“Hai anak Adam pakailah pakaianmu yang indah disetiap memasuki mesjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,” (QS. Al-A’raf: 31).

Sikap dan perilaku berlebihan merupakan penyakit yang sangat merugikan diri manusia itu sendiri. Nabi bersabda:
“Dari Umar bin Syuaib, dari bapaknya, dari kakeknya ia berkata, Rosulullah SAW bersabda: Makanlah, minumlah, bersedekahlah, berpakaian dan tanpa berlebih-lebihan dan tidak sombong. [mh]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.