Apa Itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

, Apa Itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Makanan yang dikatakan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Paling tidak, dalam sehari kita perlu memperhatikan makanan yang mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna itu. Contoh makanannya bisa seperti nasi, sayuran, daging/ikan, buah2an, dan kalau mau bisa ditambahkan dengan susu.

Diusahakan juga pengolahan sayur jangan terlalu lama supaya tidak menghilangkan kadar vitaminnya.
Kalau kita bisa mempraktekkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, yakin bisa memperoleh kondisi badan yang sehat. Tapi memang perlu diimbangkan dengan olah raga dan minum air putih yang banyak.

Pola makan yang tidak 4 sehat 5 sempurna, misalnya makan nasi + mie. Ini adalah jenis makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat. Kalo terus2an makan makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat tanpa diimbangkan dengan vitamin, mineral dan olah raga, malah bisa menyebabkan kegemukan.

Buah-buahan juga termasuk penting sebagai pengganti vitamin dalam tubuh. Lebih baik buah2an yang segar yang tidak terlalu lama di kulkas atau saat dikupas, didiamkan terlalu lama. Pilihlah juga buah-buahan yang mudah didapat dan harganya pun tidak terlalu mahal, misalnya jeruk, pisang, pepaya. Selain mengandung vitamin C di dalam buah jeruk juga mempunyai serat yang tinggi. Begitupun halnya dengan pisang yang mengandung serat tinggi yang bisa membantu kerja tubuh. Kalo pepaya bisa membantu juga menghilangkan panas dalam.

Sedangkan untuk daging, kalau memang ada yang merasa daging terlalu mahal untuk di konsumsi, bisa digantikan dengan ikan. Lebih bagus ikan dikukus daripada di goreng karena kalo digoreng akan menambahkan minyak di ikan dan membuat daging ikan menjadi tidak murni lagi. Dan begitu pun sayur2an, dimasak dengan minyak goreng yang tidak terlalu banyak. Kesemuanya itu perlu di cuci dengan bersih sebelum diolah lho! []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.