in

Apa Itu ‘Simbol 4 Jari’ Perlawanan Mesir?

 

Supporters of Mursi and the Muslim Brotherhood wave Egyptian flags during a rally in protest against the recent violence in Egypt, outside of the Eminonu New mosque in IstanbulSimbol itu diciptakan oleh Recep Tayyip Erdogan, ya perdana menteri Turki yang paling vokal mengecam pembantaian pemerintah Mesir kepada rakyatnya.

Saat itu Erdogan mengecam keras pembantaian besar-besaran pada Jumat dan Sabtu kemarin di Ramses Square dan pengepungan Masjid Fatih oleh junta Militer Mesir.

Dan mulai Sabtu kemarin, simbol 4 jari ramai dipakai oleh pengguna sosial media (twitter, fb) yang disebut-sebut menjadi simbol keteguhan, kekuatan, perlawanan dan persatuan untuk pendukung Mursi.

Erdogan yang mencetus simbol 4 jari tersebut pada Sabtu (17/8/2013) , menyebutnya sebagai simbol mengenang medan jihad Rabiatul Adawiyah (Rabi’ah) yang telah dihancurkan oleh rejim zalim tentera Mesir. Simbol 4 jari memberi maksud Rabi’ah.

Rabi’ah/arba’ah berarti empat. Oleh sebab itu, angka 4 dijadikan sebagai simbol mengenang peristiwa di Rabi’ah sekaligus membawa maksud keteguhan, kekuatan dan solidaritas. []

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Begini Menggoreng Ikan

Kenapa Harus Makan Ikan?