in

Apa itu Tabzir?

lebah kupu-kupuTabzir hampir sama dengan israf, sama-sama merupakan perbuatan negatif yang dilarang oleh Allah SWT. Hanya saja mengapa masih banyak orang yang melakukan tindakan tabzir? Apalagi di zaman yang serba canggih ini. Kalau tidak dibarengi dengan iman yang kuat maka tamatlah semua. Berbicara tentang tabzir, berikut penjelasan lebih lanjut.

Kata tabzir berasal dari kata bahasa arab yaitu bazara,yubaziru tabzir yang artinya pemborosan. Secara istilah tabzir adalah membelanjakan/mengeluarkan harta benda yang tidak ada manfaatnya dan bukan di jalan Allah. Sifat tabzir ini timbul karena adanya dorongan nafsu dari setan dan biasanya untuk hal-hal yang tidak disenangi oleh Allah serta ingin dipuji oleh orang lain

Selama manusia masih hidup berarti ia masih memerlukan makan, minum, berpakaian, dan kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi agar tetap bisa bertahan hidup. Bagi sebagian orang, untuk memenuhi kebutuhannya ia harus bekerja siang dan malam membanting tulang itupun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar, ada juga sebagian masyarakat yang tidak kebutuhan dasar saja yang terpenuhi tetapi kebutuhan sekunder atau bahkan kebutuhan mewah bisa terpenuhi.

Bila manusia menuruti seluruh keinginannya pastilah ia akan menjadi orang yang slalu merasa kurang dan terjebak pada kesenangan sesaat.

Berikut adalah beberapa tindakan yang tergolong sebagai perbuatan tabzir, yaitu:
• Membantu orang lain dalam kemaksiatan. Contoh : Memberi sumbangan kepada orang untuk meminum-minuman keras.
• Mengkonsumsi makanan/minuman yang tidak ada manfaatnya dan justru membahayakan bagi jiwa dan raga. Misalnya: rokok.
• Orang yang bersodakoh tetapi tidak ikhlas.
• Merayakan Hari Raya lebaran dengan berlebihan.
• Merayakan pesta pernikahan dengan berlebihan tidak sesuai dengan syari’at Islam. [hb]

What do you think?

Written by

Akibat dari Perbuatan Israf

Akibat dari Perbuatan Tabzir