Apa sih Dampak Negatif Film Horor?

0

, Apa sih Dampak Negatif Film Horor?Segala sesuatu yang Anda lakukan pasti memiliki keuntungan dan kerugian. Ya, wajar saja. Karena Allah menciptakan dunia ini selalu berpasang-pasangan, ada pagi ada malam, ada laki-laki ada perempuan, ada kurus ada gemuk, dll. Nah, begitu pun dengan sebuah film terutama film horor nih. Setelah dijelaskan di artikel yang lalu, ternyata selain memiliki dampak positif film horor juga memiliki dampak negatif loh.

Menurut Penelitian National Institute of Mental Health di Amerika Serikat menyatakan, tayangan film horor berdampak buruk bagi perkembangan kejiwaan dan psikologis anak. Rani Rajak I Noe’man selaku konselor dan psikolog anak dari Yayasan Kita dan Buah Hati membeberkan berbagai dampak film horor bagi anak berikut ini.

* Menganggap Benar — Anak yang terbiasa menonton film horor atau mistik akan menganggap apa yang mereka lihat adalah benar, tak bisa membedakan mana yang nyata dan rekaan semata. “Mereka menginternalisasikannya ke dalam belief system sehingga setelah dewasa percaya klenik,” jelas Rani pada acara kampanye “Lindungi Keluarga” di Jakarta, baru-baru ini.

* Perilaku Berubah — Perilaku anak bisa berubah. Contohnya, kecemasan, ketakutan berkepanjangan, dan mimpi buruk. Isi film horor sebagian besar adegan kekerasan dan kejahatan berdarah. Anak terobsesi menirunya yang cenderung membahayakan dirinya dan orang lain.

* Jangka Panjang — Dampak psikologisnya bisa berjangka panjang. Dampak ini mempengaruhi rasa percaya diri anak. Menurut Steve Wollin dalam buku “Resileince Self”, manusia lahir tanpa jati diri dan jati diri dibentuk dari pantulan ekspresi-ekspresi wajah yang dilihatnya. “Jika anak-anak selalu melihat ekspresi wajah marah atau menakutkan, maka mereka merasa diri tidak layak dicintai,” jelas Rani.

* Prestasi Akademik — Dampak pada prestasi akademiknya, anak jadi kurang tidur dan rasa cemas berkepanjangan. Akibat yang ditimbulkan adalah menurunnya konsentrasi dan kemampuan mengendalikan diri hingga mereka tidak dapat belajar optimal. [rb]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.