Apa Tujuan SBL?

, Apa Tujuan SBL?SBL memiliki singkatan dari Sekolah Berbudaya Lingkungan. SBL ini harus segera diterapkan di berbagai lembaga pendidikan seperti di sekolah-sekolah. Agar siswanya memiliki keterampilan membudidayakan lingkungan. Karena sekarang lingkungan sudah semakin rusak oleh ulah tangan manusia itu sendiri. Berikut adalah tujuan dari SBL:

1. Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa akan pentingnya memelihara lingkungan melalui kegiatan pembelajaran.

2. Meningkatkan kemampuan siswa untuk bersikap dan berperilaku positif terhadap lingkungan serta mampu mewujudkan kemampuannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mengarahkan proses belajar mengajar untuk pencapaian tujuan SBL melalui penyusunan materi bahan ajar dan model pembelajaran yang relavan sesuai dengan tahap perkembangan atau jenjang pendidikannya.

Salah satu model pembelajaran yang tepat dan mampu mendukung program SBL adalah model CTL (Contextual Teaching Learning) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Kembangkan pemikiran bahwa belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan berkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru.

2. Melaksanakan sejauh mungkin kegiatan inpuiri (menemukan).

3. Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.

4. Ciptakan masyarakat belajar.

5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran.

6. Lakukan refleksi di akhir pertemuan.

7. Lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara. [pl]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.