Apa yang Dilakukan Bayi dengan Memasukkan Tangan ke Mulutnya?

, Apa yang Dilakukan Bayi dengan Memasukkan Tangan ke Mulutnya?

Setiap orang tua tentunya sangat senang apabila melihat anaknya berkembang secara pesat pada saat-saat usia awal kelahiran. Mulai dari bisa tengkurap, menopang tegak kepalanya, bergulung-gulung di kasur, memegang sesuatu, hingga memasukkan tangan ke mulut.

Sekarang, kita akan membahas, mengenai tahap perkembangan bayi usia 4-5 bulan, khususnya memasukkan tangan dan segala sesuatu ke dalam mulut. Mayoriatas orang tua, sangat tidak suka ketika anaknya mulai memasukkan tangan ke mulut dan menggigit jarinya hingga basah.

Seringkali, orang tua melarang dan terus memegangi tangan anaknya agar tidak digigit dan masuk ke dalam mulut. Sebenarnya, ini adalah tahap perkembangan bayi yang tak boleh diabaikan dan dilarang begitu saja.

Memasukkan tangan ke dalam mulut merupakan salah satu latihan bayi untuk menerima benda yang agak keras masuk ke dalam mulutnya. Ini adalah masa transisi, di mana sebelumnya bayi hanya merasakan puting susu ibunya yang lunak, menuju ke arah mengunyah sesuatu yang agak padat. Masa ini juga melatih gerakan lidah bayi, yang semula hanya ke depan belakang, menuju ke segala arah dan berputar.

Namun, pada masa ini, para bunda juga harus mewaspadai, kuman rentang masuk ke dalam tubuh, karena tangan si kecil tak selalu bersih. Untuk mengantisipasinya, sering-seringlah mencuci tangan si kecil, agar kuman tak menyerang tubuh si kecil. [ibu muda]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.