Apa yang Harus Dilakukan Ketika Sedih?

 

, Apa yang Harus Dilakukan Ketika Sedih?Rasa sedih kadang menghampiri kita. Tanpa iman kesedihan akan terus menguasai jiwa manusia dan akhirnya menyebabkan orang itu depresi hingga tak jarang berujung bunuh diri.

Lalu bisakah kita menggantikan rasa sedih itu menjadi ceria kembali dalam sekejap?. Ah, manusia memang tabiatnya selalu ingin terburu-buru. Akan tetapi, alhamdulillah ternyata cara itu ada. Tapi ada syaratnya.

Apa syarat itu? Mudah saja. Harus percaya dan yakin (haqqul yaqin) kepada Allah Azza wa Jalla. Dan cukup membaca do’a dibawah ini disertai keyakinan bahwa Allah akan mengangkat rasa sedih kita

“Allahumma inni ‘abduka, ibnu ‘abdika, ibnu amatika, naashiyatii biyadika, maadhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadha’uka, asaluka bi kulli ismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, aw an-zaltahu fi kitabika, aw’allamtahu ahadan min khalqika, awista’tsarta bihi fi ‘ilmil-ghaibi ‘indaka, an taj’alal-Qur’ ana Rabii’a qalbii, wa nuura shadrii, wa jalaa-a huznii,wa dzhahaaba hammi.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku ini adalah hamba. Anak dari hamba-Mu laki-laki. Anak dari hamba-Mu perempuan. Ubun-Ubunku berada di tangan-Mu. Mengikuti keputusan takdir-Mu dan berjalan sesuai dengan ketetapan-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan setiap nama yang menjadi milik-Mu. Nama yang Engkau lekatkan sendiri untuk diri-Mu. Atau Engkau sebutkan dalam kitab-Mu. Atau Engkau ajarkan kepada salah seorang di antara hamba-Mu (Nabi). Atau Engkau sembunyikan di alam keghaiban-Mu. Hendaknya Engkau menjadikan al Qur’an ini sebagai penyejuk hatiku. Cahaya dalam dadaku. Penghilang kesedihanku dan penolak rasa gundahku.”
(HR Ahmad,Ibn Hibban)

Garansi untuk mereka yang membaca do’a ini adalah “Barangsiapa mengalami kesedihan, lalu membaca doa (seperti yang tersebut diatas) pasti Allah lenyapkan kesedihannya itu, lalu Allah gantikan dengan keceriaan saat itu juga.” [sumber: ip/dirthayhm]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.