Arti Hari Raya Idul Adha Bagi Umat Muslim

0

Umat Muslim di seluruh dunia merayakan dua hari raya yang berbeda. Pertama adalah Idul Fitri yang diawali puasa Ramadhan serta identik dengan saling bermaaf-maafan. Kedua adalah Idul Adha yang diwarnai kegiatan penyembelihan hewan kurban yaitu kambing, sapi maupun domba.

Idul Adha bertepatan dengan dilaksanakannya ibadah haji bagi mereka yang mampu. Kedua ibadah ini merupakan satu kesatuan yang penting dalam agama Islam.

  1. Bagi mereka yang menunaikan ibadah haji, maka ibadah yang dijalankan adalah semacam napak tilas praktek ibadah Nabi Ibrahim a.s. Bagi yang tidak melaksanakan  ibadah haji maka akan melaksanakan kurban serta puasa sunnah. Terdapat tiga jenis puasa sunnah bagi Muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji.
  2. Pertama ada puasa Tarwiyah yang dilaksanakan di hari Tarwiyah, puasa hari Arafah serta puasa nari Nahr. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah saat jamaah haji bersiap melakukan wukuf di Arafah. Puasa Arafah dilakukan pada saat wukuf di Arafah, sementara puasa Nahr dilaksanakan di hari kesepuluh dan tidak dilaksanakan tuntas hingga Maghrib melainkan cukup sampai selesainya ibadah shalat Idul Adha.
  3. Ibadah kedua bagi Muslim yang tidak melaksanakan haji adalah dengan berkurban. Kaitannya dengan haji adalah pengorbanan yang dicontohkan Nabi Ibrahim a.s. yang bermimpi untuk diperintah menyembelih putranya sendiri, Ismail a.s.
  4. Kurban di masa sekarang dapat berupa hewan yang dapat dengan mudah dijumpai di negara masing-masing. Hewan kurban dapat berupa kambing bertelinga panjang, kambing kacang, dan juga jenis-jenis kambing yang lain. Selain kambing, dapat pula digunakan sapi termasuk kerbau, sapi belang serta jenis-jenis sapi lainnya. Di Arab, hewan kurban dapat berupa unta karena merupakan hewan yang umum ditemukan di sana.

Suasana Idul Adha tentu sangat meriah karena dirayakan oleh semua Muslim di seluruh dunia. Idul Adha juga sering digunakan sebagai momen di mana umat Muslim berbagi dengan sesama Muslim terutama dengan mereka yang kurang mampu. Daging hewan kurban akan didistribusikan pada mereka yang tidak lebih beruntung dari kita.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline