Arti Ibu Ketika Anak Bangun Tidur

Banyak di antara orangtua yang mengabaikan waktu-waktu pertemuan yang sangat berharga bagi anaknya. Misalnya saja : Ketika anak bangun tidur, anak tidak melihat ibunya berada disampingnya, karena ibunya sudah sibuk dengan urusannya sendiri. Atau ketika anak hendak tidur malam, anak dibiarkan tidur sendiri tanpa diantar, tanpa iringan doa, dan tanpa kesan dan kasih sayang. Ketika anak pulang sekolah, tanpa sambutan, tanpa kasih dari orangtuanya. Padahal saat-saat tersebut, adalah waktu yang paling berharga bagi pertumbuhan psikologi dan kecerdasan emosi anak.

Seorang ibu sangat berarti dalam kehidupan seorang anak, figur seorang ibu mendominasi dalam perkembangan karakter dan kepribadian seorang anak, yang akan dibawa bersama tumbuh kembang kehidupan anak tersebut. Bukan berarti mengabaikan arti seorang ayah dalam sebuah keluarga. Bukan ayah dan ibu adalah team manager yang hebat, harus sejalan dan seimbang di dalam sebuah keluarga.

Dari semenjak dalam kandungan hingga anak-anak dewasa ataupun sudah menikah dan berkeluarga, seorang anak dimata seorang ibu tetaplah sama yaitu anak yang tetap disayangi. Dalam prakteknya rasa sayang yang ditunjukkan mungkin berbeda.

Jika kita tahu bahwa figur dan kasih sayang ibu mendominasi karakter dan kepribadian seorang anak, sebagai seorang ibu, apa yang sudah kita lakukan untuk anak kita? Apakah kita setiap hari harus selalu memarahinya, menghardiknya dan memberi segala aturan yang harus mereka lakukan? Itu semua dilakukan dengan alasan mendisiplinkan. Atau memanjakannya, dan memenuhi segala kebutuhannya? Semua itu dilakukan dengan dalih kasih sayang kepada anak-anak kita.

Ternyata, sebagai seorang ibu hal terbaik yang harus dilakukan adalah bagaimana ibu bisa menjadi pelindung, menjadi bagian, tempat mencurahkan ganjalan, membantu anak mencari solusi dalam masalah, memberi dorongan dan semangat untuk maju, memberi lingkungan yang baik, memberi kesempatan berkembang, mengajarkan tentang bagaimana mengelola uang saku, dan hal terpenting lagi memberi arti kehidupannya dengan hidup yang sehat dan keyakinan spiritual. Betapa berartinya seorang ibu dimata anaknya karena perannya yang begitu besar.

Jadi dimana Anda ketika anak Anda bangun tidur? []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.