Awas Hati-hati, Jangan Lakukan Hal ini Ketika Merawat Organ Intim (1)

, Awas Hati-hati, Jangan Lakukan Hal ini Ketika Merawat Organ Intim (1)

Organ intim seorang wanita tentu saja harus bersih. Perawatan vagina merupakan bentuk perawatan yang lebih membutuhkan perhatian dan kehati-hatian. Organ kewanitaan merupakan organ vital yang sangat sensitif, jadi jika salah dalam perawatan dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan daerah kewanitaan. Beberapa masalah akibat lalai dalam merawat daerah kewanitaan seperti keputihan berlebih, gatal akibat munculnya bakteri, kista ovarium, bahkan kanker ovarium.

Nah, Agar Anda tidak mendapatkan masalah tersebut, Anda harus bisa melakukan perawatan dengan tepat dan sesuai dengan anjuran ahli kesehatan. Ada beberapa kesalahan yang terkadang masih dilakukan banyak orang tanpa menyadarinya. Kesalahan apa saja itu? Berikut kami informasikan 5 kesalahan dalam merawat organ kewanitaan.

1. Ceroboh mengobati infeksi pada organ kewanitaan
Kurangnya perawatan pada daerah kewanitaan terkadang membuat daerah tersebut terasa gatal dan keputihan berlebih. Tentu hal tersebut akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, sehingga Anda pasti akan segera mengobatinya. Kebanyakan wanita akan segera mengobatinya dengan membeli obat krim anti jamur di apotek. Namun, terkadang Anda kurang memperhatikan apa penyebab sebenarnya masalah tersebut, apakah disebabkan oleh infeksi jamur atau infeksi menular seksual. Sebaiknya jangan melakukan pengobatan sebelum Anda tahu pasti apa penyebabnya agar tidak terjadi kesalahan. Konsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Kurang memperhatikan siklus menstruasi
Anda perlu waspada jika siklus menstruasi Anda tidak berjalan dengan normal. Jika siklus menstruasi Anda terjadi setiap 2 minggu, setiap 2 bulan sekali, atau terjadi pendarahan diantara periode menstruasi, maka Anda perlu segera mengkonsultasikan masalah Anda dengan dokter Anda. Pendarahan yang berat bisa menjadi petunjuk bahwa di dalam rahim tumbuh tumor jinak, Anda menderita anemia, hormon yang bermasalah atau bisa gejala awal kanker rahim.

3. Sering menaburkan bedak pada vagina
Menaburkan bedak pada vagina masih banyak kita temui pada bayi. Alasan ibu memberikan bedak pada organ kewanitaan agar daerah tersebut tidak lembab dan lebih segar. Padahal hal ini justru memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kewanitaan kelak di kemudian hari. Akibat seringnya menaburkan bedak pada organ kewanitaan, efeknya tidak akan langsung terasa, tetapi membutuhkan waktu yang lama. Penggunaan dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan resiko lebih tinggi terkena kanker ovarium.

BERSAMBUNG

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.