Bagaimana Cara Mengiris Bawang Tanpa Menangis?

SEAKTIF-AKTIFNYA seorang wanita di ruang publik, tentu pernah pula mengiris bawang. Ya untuk berbagai keperluan. Apalagi seorang ibu rumah tangga. Antara dia dan bawang mungkin tidak bisa dipisahkan, kecuali di hari-hari tertentu. Ini karena seorang ibu rumah tangga tentu saja karena harus memasak setiap hari untuk keluarganya.

Dan yang namanya mengiris bawang, pasti pula berurusan dengan keluarnya air mata. Sampai-sampai ada kata-kata yang terkenal “Nangis bombay, deh!”

Nah, ternyata ada juga cara yang bisa kita usahakan agar terhindar dari “nangis Bombay” ini. Berikut di antaranya yang dikutip dari she knows.

1. Gunakan pisau tajam

Bawang mengeluarkan molekul saat terpotong dan potongannya mengiritasi mata. Untuk itu, gunakan pisau yang tajam. Bawang merah yang terpotong rapi dan bersih akan mengurangi pengeluaran molekul yang mengiritasi mata.

2. Potong dalam air

Cara ini mungkin akan membuat bawang merah sedikit penuh air, tapi cara ini ampuh untuk menangkal air mata saat memotong bawang merah. Ini juga akan menghalangi molekul penyebab iritasi untuk mengenai mata.

3. Gunakan alat

Gunakan alat pemotong bawang merah seperti food processor. Pisau yang tajam dan tempat tertutup akan membuat mata aman.

4. Dinginkan bawang merah

Letakkan bawang merah dalam freezer beberapa menit sebelum memotongnya. Ini akan membuat molekul pengiritasi, yaitu amino acid sulfoxide, yang dikeluarkan oleh bawang merah berkurang.

5. Lindungi mata

Jika metode di atas masih juga tak berhasil, maka gunakan pelindung mata. Mungkin  ini berlebihan, tapi kita bisa menggunakan goggle seperti yang digunakan saat berenang.

6. Kalau terlanjur menangis?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi air mata agar tak terus keluar. Coba celupkan tangan Anda di air dingin, letakkan kepala Anda di depan freezer selama beberapa waktu, atau makan sepotong roti. Apapun yang terjadi, jangan pernah menyentuh mata dengan tangan.

Nah, ini masalah kecil tapi penting kan? []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.