Bagaimana Dampak Negatif Fitnah?

0

Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Jadi, dapat kita simpulkan, bahwa fitnah ini merupakan perilaku yang sangat keji. Pasti tidak ada manfaatnya memfitnah orang lain, yang ada hanya kemudharatan. Lalu apa saja dampak negatif dari fitnah? Untuk mengetahuinya, yuk ikuti penjelasan berikut.

Kesatuan dan persatuan masyarakat tercipta apabila anggota-anggotanya saling mempercayai dan kasih-mengasihi walaupun dalam masyarakat pluralis. Ini mengharuskan masing-masing anggota mengenal yang lain sebagai manusia yang baik, bahkan kalau dapat menganggapnya tidak memiliki keburukan.

Baca Juga

Syarat Kambing Aqiqah sesuai Syariat Islam

Dengan menggunjing, mencari-cari kesalahan orang lain, keburukan orang lain ditonjolkan, sehingga rasa percaya dan kasih itu sirna.

Ketika itu, benih perpecahan tertanam. Mengguncing, menghina, merendahkan orang lain, apalagi memfitnah, berarti mencabik-cabik keutuhan masyarakat satu demi satu, sehingga pada akhirnya, meruntuhkan bangunan masyarakat dan sudah pasti masyarakat tersebut akan hancur.

Orang yang memfitnah juga bukan agamawan yang baik, karena agamawan yang baik akan melihat sisi positif pada sesuatau yang negatif, dan berusaha menemukan kebaikan dalam sesuatu yang terlihat buruk. [mb]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.