in

Bagaimana Mengatasi Balita Yang Terserang Batuk Atau Pilek?

ibu dan anakBalita yang suka menangis, disebabkan karena dia terserang sakit. Baik terserang sakit batuk, pilek, dan sebagainya. Nah, pasti kita sebagai orang tua pun akan kerepotan mengatasinya. Tapi jangan khawatir di sini akan dijelaskan beberapa cara untuk mengatasi balita yang terserang batuk atau pilek.

1. Memberi cairan yang cukup. Jika si anak masih mengonsumsi ASI, pemberian ASI yang optimal akan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jika anak tersebut sudah tidak mengonsumsi ASI, pemberian air putih hendaknya diberikan dalam jumlah banyak.

2. Menghangatkan tubuh bayi dengan sinar matahari pagi, sekitar pukul 6 – 6.30 selama kurang lebih 15 – 30 menit (catatan: lindungi mata bayi dari paparan sinar matahari langsung).

3. Menghangatkan bayi dengan minyak telon atau kayu putih.

4. Menidurkan bayi dengan kepala lebih tinggi agar bisa memberinya kenyamanan bernapas.

5. Memberikan madu dan jeruk nipis jika si anak juga terserang batuk (selain pilek). Namun sebaiknya diberikan hanya pada anak berusia di atas 2 tahun.

6. Memberikan sup ayam hangat, yang berfungsi meredakan hidung tersumbat.

7. Dalam studi yang diterbitkan oleh International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology disebutkan bahwa garam memiliki khasiat anti-inflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. Hidung tersumbat bisa coba diatasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis yang bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Anda juga bisa membuat sendiri larutan garam dengan cara sebagai berikut:

o Larutkan ½ – 1 sendok-teh garam ke dalam setengah liter air hangat.

o Teteskan larutan tersebut sebanyak dua kali, dengan bantuan pipet bayi atau semprotan untuk hidung bayi.

o Lakukan setiap hari minimal tiga kali.

o Disarankan sangat berhati-hati dalam melakukannya.

Adapun untuk mengatasi sakit tenggorokan atau batuk, ajarkan si kecil untuk berkumur dengan larutan air garam hangat. [ms]

What do you think?

Written by

Bagaimana Cara Memakai Jilbab Yang Benar?

Ini Dia 7 Sifat Alami Istri