Bagaimana Mengatasi Si Kecil Susah BAB

, Bagaimana Mengatasi Si Kecil Susah BABSusah Buang Air Besar pada anak ditandai dengan adanya rasa sakit ketika sedang BAB, tinja tidak keluar meskipun telah mengedan lama, frekuensi BAB kurang dari 3 kali selama seminggu dan tinja keras. Hal ini tentunya membuat sang bayi tidak merasa nyaman, sehingga membuatnya tidak mau BAB. Nah, bagaimana cara mengatasinya?

– Bila Anda memberikan susu formula kepada bayi Anda, perhatikan peraturan takaran pengencerannya sehingga didapatkan konsistensi yang tepat dan tidak terlalu kental.

– Mintalah rekomendasi susu formula yang baik dari dokter atau ganti merk susu dengan merk lain yang lebih cocok untuk bayi Anda apabila diperlukan.

– Oleskan minyak bayi di daerah sekitar anus bayi.

– Berikan pijatan lembut disekitar perut bayi dari pusar ke arah luar dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Anda bisa menggunakan krim atau minyak pijat bayi yang dapat memudahkan tangan Anda melakukan pijatan dengan lembut.

– Baringkan bayi Anda dalam keadaan telentang dan lakukan gerakan kakinya dengan gerakan mengayuh sepeda di udara. Hal ini dapat membuat otot-otot perut bayi bergerak dan memberikan tekanan lembut di usus besar sehingga memudahkan bayi untuk BAB.

– Usahakan untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buahnya setiap hari, bisa diberikan dalam bentuk puree atau jus. Buah yang baik untuk pencernaan si kecil adalah pepaya matang dan agar-agar yang dapat membantu melunakkan tinja sehingga memperlancar BAB. Buah yang sebaiknya dihindari untuk sementara waktu adalah pisang karena dapat memperkeras tinja. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.