Bagaimana Niat Mandi Wajib?

0

, Bagaimana Niat Mandi Wajib?Niat adalah hal yang menentukan sah atau tidaknya melakukan sesuatu. Misalnya, jika Anda melaksanakan shalat, dengan niat agar dipuji oleh orang lain. Maka shalatnya tidak sah. Jadi, luruskanlah niat Anda. Jangan sampai amalan yang baik malah berubah jadi dosa. Dalam mandi wajib pun harus disertai dengan niat.

Niat mandi wajib secara ringkasnya adalah “Sengaja aku mandi wajib karena Allah Taala.” Lafaz niat yang lain “Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari janabati fardlal lillaahi ta’ala” (Artinya: Sengaja aku mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar dan mandi wajib karena Allah Taala). Niat yang penting kita meniatkan karena Allah, tidak mesti diucapkan dalam bahasa Arab kalau kita belum bisa.

Baca Juga

Ini Dia Tata Cara Wudhu Sesuai Tuntunan Rasulullah

Untuk perempuan yang mandi wajib karena hadas haid niat mandi wajibnya adalah “Sengaja aku membersihkan hadas haid karena Allah Taala.” Sedangkan untuk yang habis nifas, niat mandi wajibnya ialah “Sengaja aku membersihkan hadas nifas karena Allah Taala”.

Niat mandi wajib hendaklah diucapkan apabila mulai mengenakan air ke bagian anggota mandi.Bila niat dilafalkan setelah seseorang telah membasuh anggota badannya, mandi wajibnya tidak sah dan dia mesti mengulang kembali niatnya ketika memulai membasuhkan air ke seluruh anggota badannya. Begitupun jika seseorang berniat sebelum air sampai ke badan, niat itu juga tidak sah dan dia harus mengulang kembali niatnya sambil membasuhkan air ke seluruh anggota badannya.

Orang yang tidak berniat mandi wajib tidak memenuhi rukun mandi wajib dan dengan itu tidak boleh dikatakan telah melakukan mandi wajib. Dia hanya sekadar mengerjakan mandi biasa dan masih terikat dengan larangan yang dikenakan untuk orang yang berhadas besar. [cs]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.