Bahaya Asap Rokok bagi Anak-anak

0

, Bahaya Asap Rokok bagi Anak-anak

Di rumah kita tentu tidak ada yang merokok. Tapi ketika di luar, tentu saja kita tidak bisa menghindarkan diri dari asap rokok.

Anak-anak yang menghirup udara berisi secondhand smoke akan lebih mudah menderita pneumonia, bronkhitis dan penyakit paru-paru lainnya. Anak-anak juga menjadi lebih sering terkena infeksi telinga, timbul gejala-gejala awal asma. Bagi anak-anak yang mengidap asma dan menghisap udara penuh asap akan menjadi lebih sering terkena serangan asma.

Diperkirakan 150.000 – 300.000 kasus infeksi terjadi per tahun, seperti bronkhitis dan pneumonia di kalangan bayi dan anak-anak di bawah 18 bulan. Di Kanada, sekitar 400.000 penyakit anak disebabkan oleh secondhand smoke, diantaranya : infeksi telinga (7%), infeksi paru-paru (16%, kebanyakan balita).

Mengapa itu terjadi ? Sebabnya adalah sebagai berikut :

  1. paru-paru anak-anak lebih kecil dibanding orang dewasa; sistem kekebalan tubuh mereka belum terbangun sempurna, akibatnya mereka lebih mudah terkena radang pernapasan dan infeksi telinga.
  2. anak-anak kecil bernapas lebih cepat daripada orang dewasa; akibatnya mereka lebih banyak menghirup zat-zat kimia berbahaya per berat tubuh mereka dibandingkan orang dewasa pada saat yang sama.
  3. anak-anak hanya memiliki sedikit pilihan dibanding orang dewasa; mereka tidak mampu berkomentar atau mengkritik orang dewasa yang menjadi perokok.

Dapatkah kita melindungi keluarga dan diri kita ? Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan :

  1. jangan pernah ada yang merokok di dalam rumah anda.
  2. minta agar orsng-orsng tidak merokok di dalam rumah, terutama baby-sitter atau siapapun yang pedulu pada anak anda.
  3. minta para perokok agar keluar dari rumah jika mereka ingin merokok.
  4. jika seseorang terpaksa merokok di dalam, maka tempatkan ia di ruangan yang memiliki ventilasi bagus agar asap rokok langsung keluar ruangan.
  5. bantu orang lain agar berhenti merokok. [new vision]

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.