Bahaya Kekerasan di Media pada Anak

 

, Bahaya Kekerasan di Media pada AnakBerdasarkan hasil riset American psychological Association pada tahun 1995, ada 3 hal yang perlu mendapat perhatian serius terkait dampak kekerasan dalam media yaitu;

1. Mempresentasikan program kekerasan meningkatkan perilaku agresif
2. Memperlihatkan secara berulang tayangan kekerasan dapat menyebabkan ketidakpekaan terhadap kekerasan dan penderitaan korban.
3. Tayangan kekerasan dapat meningkatkan rasa takut sehingga akan menciptakan representasi dalam diri pemirsa, betapa bahayanya dunia.

Sophie Jehel menerangkan bahwa kekerasan dalam media sangat berpengaruh pada psikologi anak. Menurutnya, anak membutuhkan rasa aman supaya bisa menemukan tempatnya pada masyarakat. Konfrontasi dengan kekerasan dalam media merupakan penderitaan.

Meskipun ada ekspresi senang, puas atau tertarik pada kekerasan, sering tanpa disadari, anak sebetulnya bergulat pada suatu perjuangan, kegelisahan dan berakibat pada munculnya rasa stress. Dampaknya energi anak akan tersita untuk mempertahankan diri dari rasa gelisah dan stress itu, sehingga kehilangan energi untuk membangun identitas secara positif. Penayangan kekerasan ini juga akan mengubah persepsi anak tentang dunia.

Jadi, jauhkan anak dari tayangan yang kerap menampilkan kekerasan. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.