Batas Akhir ODOJ

, Batas Akhir ODOJ

Oleh: Vienna Alifa

Baru dua hari udzur sudah merindu ODOJ (One Day One Juz) bukan kepalang…

Bagi kader tarbiyah kecanduan tilawah itu memang mutlak dan wajib terbiasa menyelesaikannya satu juz sehari.

Tetapi berinteraksi dengan Al-Quran secara berjama’ah dalam sebuah media komunikasi maya setiap hari itu nyandunya beda!

Bahagia rasanya ketika tilawah membayangkan ada saudari seiman yang akan melanjutkan juz-juz berikutnya di waktu lapang atau sempitnya di ujung sana.

Haru tatkala memikirkan lisan-lisan dan kelopak mata yang basah dari pelantun juz-juz mulia sejak fajar bermula hingga waktu khataman tiba.

Salut dan bangga manakala tiap juz disetor susul menyusul dengan tanda tuntas tertera.

Betapa spirit berlomba dalam kebaikan selamanya kan terasa jika orang-orang shalih berhimpun bergandeng mesra. Tiada rendah hati tercipta, pupus pula rasa jumawa.

Yang punya kelebihan di sebagian hal sigap membantu yang masih kurang di beberapa aspek. Yang tertatih mengejar ketinggalan, tak sungkan bertanya, berlatih keras hingga tampilkan performa luar biasa!

Demi mencapai garis finish secara bersamaan, seluruh peserta akan saling mengingatkan agar tak tergelincir oleh ranjau berupa penyakit hati. Tak ada persaingan yang menjatuhkan karena mereka sejatinya adalah pemenang.

Lalu di mana batas akhir perlombaan itu?

Insyaa Allah di suatu tempat yang keindahannya tak pernah terbayangkan oleh angan manusia,
Yang di bawahnya mengalir sungai-sungai beraneka rupa dan rasa..

Ialah Surga!
Sebaik-baik tempat kembali yang didamba seluruh peserta yang shalih lagi shalihat
Yang tak kenal lelah berlomba dalam kebaikan selama nafas masih terhirup, selama hayat di kandung badan.

“Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?” [Qs. An-Nisaa’:122]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.